Lancar Berpuasa, Terapkan Kiat Bijak Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini

Lancar Berpuasa, Terapkan Kiat Bijak Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini
Bijak memilih makanan selama Ramadan. (Rumahkeluargaindonesia)

Puasa terasa memberatkan kalau kamu salah mengonsumsi makanan. Maka, bijaklah mengonsumsi makanan dan minuman biar sebulan ke depan puasamu lancar!

Inibaru.id - Berpuasa Ramadan tentu saja nggak cuma sebagai salah satu bentuk ibadah wajib, tapi juga awalan untuk kembali memulai gaya hidup sehat. Yap, harapannya, kebiasaan tersebut bertahan meski Ramadan telah berlalu.

Nah, pengin tetap sehat saat berpuasa? Tips-tips bijak mengonsumsi makanan selama bulan puasa ini mungkin bisa kamu jadikan referensi, lo!

Minum Air Lebih Banyak

Tubuh yang normal membutuhkan sekitar delapan gelas air putih per hari. Memenuhinya saat sahur bukanlah perkara gampang. Kendati demikian, mau nggak mau hal itu harus dilakukan biar puasamu lancar.

Coba siapkan minuman di dekatmu. Jadi, sewaktu-waktu, minumlah air sebanyak mungkin. Biar nggak terasa hambar, kamu bisa menambahkan irisan lemon, jeruk, ketimun atau daun mint.

Makanan Secukupnya

Ketika berpuasa, banyak orang cenderung akan tergoda untuk menyantap banyak makanan. Padahal mengisi perut dengan banyak makanan setelah perut kosong selama lebih dari 12 jam akan membuat lambung nggak nyaman.

Sebaiknya jangan kalap saat berbuka. Selain itu juga jangan terlalu cepat dalam menyantap makanan. Nikmati rasa makanan di tiap gigitan dan kunyahan.

Konsumsi Makanan Berserat

Saat berbuka, usahakan konsumsi banyak sayuran, mulai dari yang dimasak atau sayuran segar seperti salad. Sayuran berbagai warna akan menutrisi tubuh dengan banyak jenis antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas.

Makan Buah Segar

Nah, untuk menjaga agar tubuh tak mengalami dehidrasi saat seharian berpuasa, buah adalah pilihan tepat untuk kamu konsumsi, khususnya yang punya kandungan air tinggi seperti semangka, melon, jeruk atau pir.

Bila Anda ingin makan yang manis-manis, Anda bisa memilih mangga, pisang, pir atau apel merah. Makan buah bakal mencukupi kebutuhan Anda akan vitamin, mineral juga serat yang akan membuat tubuh lebih fit saat beraktivitas sambil menjalankan ibadah puasa.

Nah, itulah beberapa hal yang mungkin perlu kamu konsumsi atau tidak selama Ramadan. Semoga puasamu lancer ya, Millens! (IB20/E03)