Lagi di Ungaran? Kamu Wajib Coba Vegetables Salad ala Pawon Kebun yang Sehat dan Segar Ini
Vegetables Salad ala Pawon Kebun. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Lagi di Ungaran? Kamu Wajib Coba Vegetables Salad ala Pawon Kebun yang Sehat dan Segar Ini

Pawon Kebun merupakan salah satu kafe di Ungaran yang menyajikan beragam menu istimewa dari sayuran. Mereka menyajikan Vegetables Salad ala Pawon Kebun yang sehat dan segar. Sehat karena dibuat dari dari sayur mayur, segar karena bahan dipetik langsung dari tanaman hidroponik di dalam kafe.

Inibaru.id – Sore itu wilayah Ungaran dan sekitarnya habis diguyur hujan. Saya masih bisa mencium petrikor. Aroma yang barangkali dirindukan banyak orang selama kemarau panjang.

Tiba-tiba perut saya lapar, padahal sebelum saya ke Ungaran sudah makan. Kondisi ini cocok dengan sebuah penelitian yang pernah saya baca jika musim penghujan mengakibatkan orang selalu merasa lapar. Eits, ini bukan pembenaran ya. Sensasi lapar ini diakibatkan karena suhu dingin menurunkan zat serotonin dalam otak yang bisa ditingkatkan dengan makanan.

Pipa pralon sebagai wadah sayuran akuaponik. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Saya lalu menuju sebuah kafe unik bernama Pawon Kebun yang beralamat di Jl. MT Haryono No. 28A Ungaran, Semarang. Dari depan kafe tersebut terlihat sangat asri dengan tanaman bunga alamanda (golden trumpet) kuning yang melengkung melingkupi pintu masuk.

Di bagian dalam kafe terdapat kebun hidroponik beraneka macam tumbuhan dari timun, kol, selada, daun mint, dan lain-lain. Fyi, hidroponik merupakan metode menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah. Salah satunya dengan menggunakan wadah pipa berbentuk pralon berisi air yang mengandung nutrisi.

Lantaran secara pribadi saya tertarik makan sayuran dan interior kafe juga seperti membujuk naluri saya untuk makan sayuran, akhirnya saya memesan Vegetables Salad ala Pawon Kebun di antara banyak pilihan menu. Setelah menunggu sekitar 20 menit, makanan pun datang.

Vegetables Salad yang segar dan sehat. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Tampilan salad ini sungguh menggoda. Beragam sayuran dari selada, tomat, jamur, bawang bombay, sosis, daun mint, yang dilumuri dengan mayones dan keju parut membuat saya nggak sabar untuk menikmatinya.

Sesendok salad masuk ke mulut dan rasanya nano-nano. Campuran dari segar sayuran, kecutnya mayones, gurihnya sosis, dan getarnya bawang bombay. Meski serasa ada yang kurang sebab nggak ada nanasnya, he-he. Dengan porsi lumayan besar, salad ini sungguh membuat saya puas dan kenyang.

Usai makan, meski makanan ini nggak pedas, keringat saya keluar. Bisa jadi itu pertanda jika makanan yang saya nikmati memang membakar energi tubuh, dan nutrisi yang terkandung seusai makan langsung membuat tubuh serasa segar.

Interior kafe yang menyejukkan mata. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Penasaran dengan bahan baku pembuatannya, saya pun mewawancarai Isnan Sumarno, karyawan kafe. Dia menjelaskan ternyata tumbuhan yang berisi beragam sayur di Pawon Kebun bisa digunakan langsung untuk memasak pesanan konsumen, salah satunya masakan yang saya santap barusan.

“Tanaman di sini bisa langsung dimasak untuk pelanggan. Sering dipakai juga, daun mint sering dipakai. Tapi ini nggak boleh dipetik,” katanya.

Saya jadi paham kenapa laki-laki bernama Isnan itu memetik beberapa tanaman di sekitar kafe selagi saya menunggu menu tiba. Puas banget deh merasakan makanan sehat ini. Kamu tertarik mencobanya, Millens? (Isma Swastiningrum/E05)

 

Pawon Kebun

Jenis                   : Kafe

Alamat                : Jl. MT Haryono No. 28A Ungaran, Semarang

Waktu operasional: Setiap hari, 15.00 - 21.00 WIB

Rentang makanan: Rp 4.000 – Rp 35.000

Rentang minuman: Rp 3.000 – RP 15.000

Fesbuk/IG            : Pawon Kebun/@pawonkebun