Kurangi Penat Terbang dengan Makanan dan Minuman Ini, yuk!

Kurangi Penat Terbang dengan Makanan dan Minuman Ini, yuk!
Makanan yang kaya gizi akan mengurangi rasa jet lag. (travelandleisure)

Siapa yang pernah mengalami penat terbang atau jet lag usai penerbangan panjang? Masalah ini bisa kamu atasi kalau kamu memperhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat, tentu kondisi ini bisa diminimalisasi.

Inibaru.id – Bagi kamu yang cukup sering naik pesawat, penat terbang tentu pernah kamu rasakan. Penat terbang atau istilah bekennya jet lag merupakan kondisi di mana siklus tubuh terganggu akibat perjalanan jauh.

Akibat jet lag bisa macam-macam, Millens. Kelelahan, sakit kepala, insomnia, disorientasi dan diare adalah beberapa contoh efek jet lag. Gangguan ini sebenarnya bisa diminimalisasi jika kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat. Makanan apa saja yang sebaiknya kamu makan? Berikut daftarnya.

Protein Hewani

https://www.healthyfood.co.nz/wp-content/uploads/2016/09/Slow-cooked-beef-barley-and-vegetables-1024x664.jpg

Daging dan sayur bisa dikombinasikan jadi makanan yang kamu santap sebelum terbang. (healthyfood)

Daging ayam atau sapi adalah menu yang tepat untuk mengatasi jet lag. Dengan mengonsumsi daging, perutmu akan kenyang lebih lama. Ada baiknya pula, konsumsi daging yang nggak digoreng ya. Kalau kamu mengonsumsi makanan berlemak, ini akan memicu rasa ngantuk selama perjalanan.

Buah

https://images-gmi-pmc.edge-generalmills.com/729d2825-15c7-4228-b949-188af1f41c0c.jpg

Buah juga bisa mengurangi "jet lag", lo. (bettycrocker)

Beri, pisang, dan semangka adalah camilan yang direkomendasikan untuk kamu konsumsi. Buah-buah tersebut kaya akan antioksidan, serat, dan air yang berguna membantu tubuhmu beristirahat.

Karbohidrat

https://static01.nyt.com/images/2015/10/30/dining/30COOKING-MASHEDPOTATOES1/30COOKING-MASHEDPOTATOES1-superJumbo.jpg

Kentang bisa menjadi pengganti nasi. (cooking.nytimes)

Kentang dan nasi jadi pilihan yang tepat untuk mengisi perut. Kalau konsumsi karbohidratmu kurang, kamu juga akan mengalami kesulitan tidur dalam perjalanan. Jadi, jangan coba-coba melakukan perjalanan jauh dengan perut kosong, ya.

Teh

https://www.healthline.com/hlcmsresource/images/chamomile-tea.jpg

Ganti dulu kopimu dengan teh, ya. (healthline)

Kamu yang gemar minum kopi sebaiknya menahan hasrat ngopi untuk sementara. Sebaliknya, teh menjadi minuman yang disarankan. Teh yang mengandung yerba mate, ginkgo biloba, atau gingseng dipercaya bisa menyegarkan pikiran, lo.

Kalau kamu merasa belum yakin apakah makanan dan minuman itu bisa membantu kamu tidur pulas, nggak ada salahnya membawa obat tidur, kok. Tapi ingat, konsumsinya tetap sesuai takaran ya. Happy flight, Millens. (IB15/E05)