Kupat Tahu Temanggung, Magelang, dan Solo, Apa Bedanya?

Kupat Tahu Temanggung, Magelang, dan Solo, Apa Bedanya?
Kupat tahu dari Solo. (Instagram/solofoodgram)

Kupat tahu merupakan makanan favorit di Temanggung. Apa yang membedakannya dengan kupat tahu di tempat lain?

Inibaru.id – Kupat tahu mungkin menjadi salah satu menu kuliner yang paling banyak kamu temukan di Jawa Tengah, misalnya di Magelang, Solo, dan Temanggung. Perpaduan ketupat dan tahu, yang kemudian diguyur saus kacang, menjadi ciri khasnya. Namun, hampir tiap kota punya kupat tahu yang berbeda.

Kupat tahu Temanggung, misalnya, punya perbedaan mendasar yang membuatnya berbeda dari kupat tahu Magelang atau Solo. Perbedaan itu terletak pada bahan baku dan racikan sambal kacangnya.

Kupat Tahu Temanggung. (Instagram/imam_amunisi)

Berbeda dengan kupat tahu Magelang yang kubis irisnya digoreng terlebih dahulu, kubis pada kupat tahu Temanggung disajikan mentah. Kupat tahu Temanggung juga berisikan potongan bakwan goreng yang dibikin dari campuran kubis dan wortel.

Selain isian, perbedaan lainnya adalah pada sambal kacangnya. Tekstur sambal kacang pada kupat tahu di Temanggung terbilang lebih kental dengan aroma yang lebih kuat karena menggunakan bawang putih dan bawang merah segar, nggak digoreng dulu. Lalu, rasa sambalnya juga nggak semanis sambal kacang di Solo.

Kupat Tahu Magelang. (GNFI)

Sementara, untuk isian lain, baik kupat tahu Temanggung, Magelang, maupun Solo, memiliki kondimen yang hampir mirip. Umumnya, seporsi kupat tahu berisikan potongan ketupat, potongan tahu putih goreng, taoge, potongan kubis, dan sambal kacang. Untuk menambah kelezatan, kupat tahu ditaburi bawang merah goreng di atasnya.

Nah, sudah tahu kan perbedaan dan persamaannya? Oh ya, ada satu lagi persamaan kupat tahu itu, yakni sama-sama enak! Ha-ha. Selamat berburu kuliner, Millens! (IB07/E03)