Kupat Tahu Pak Manthok Magelang Tawarkan Rasa yang Berbeda Namun Tetap Juara

Kupat Tahu Pak Manthok Magelang Tawarkan Rasa yang Berbeda Namun Tetap Juara
Penampakan Kupat Tahu Pak Manthok di Magelang. (Tribunnews/Gilang Satmaka)

Kalau mampir ke Magelang, cobain deh  kuliner Kupat Tahu Pak Manthok. Di sini, kamu bisa mencicipi kupat tahu dengan rasa yang beda dari biasanya. Kamu juga bisa mencicipi menu lain yang nggak kalah endeus.

Inibaru.id – Menyambangi Magelang, jangan sampai terlewat untuk mencicipi ikon kulinernya yaitu kupat tahu ya, Millens.  Salah satu tempat yang terkenal menjual makanan ini adalah Kupat Tahu Pak Manthok. 

Secara administratif lokasi Tahu Kupat Pak Manthok memang berada di Kabupaten Magelang, tepatnya di Desa Plikon, Kecamatan Bandongan, tapi jangan khawatir karena hanya berjarak 2,5 km dari pusat Kota Magelang. Artinya, kamu nggak perlu berkendara jauh-jauh dari kota yang dikenal dengan kuliner gethuknya ini. Di sini,kamu nggak cuma bakal menemukan kupat tahu yang terkenal itu, tapi juga mi ayam goreng dan kuah. Meski begitu, kupat tahulah yang paling diburu pembeli.

O ya, menurut keterangan Arisah, putri dari Manthok yang juga ikut berjualan di sana, warung kupat tahu ini sudah eksis sejak 2012.

“Dulu awalnya nggak buka di sini, tapi di daerah Bandongan. Baru pada 2012, kami pindah di Desa Pilkon,” ucap Arisah sebagaimana dinukil dari Travel Tribunnews, Minggu (2/4/2017).

Awalnya, tempat makan yang buka sejak pukul 10.00 WIB ini ramai dikunjungi anak-anak SMP dan SMA yang pengin mengisi perut pada siang dan sore hari. Tapi, karena lokasinya yang cukup strategis, pelanggannya semakin beragam mulai dari para PNS, karyawan swasta, warga sekitar, sampai wisatawan dari luar daerah yang mau membuktikan kenikmatan kuliner khas Magelang ini.

Ada dua warung kupat tahu Pak Manthok di Magelang. (restaurantguru.com)
Ada dua warung kupat tahu Pak Manthok di Magelang. (restaurantguru.com)

Larisnya Kupat Tahu Pak Manthok dikarenakan rasa yang beda jika dibandingkan di tempat lain. Kalau biasanya kupat tahu disajikan dengan cita rasa yang manis, kupat tahu di sini justru cenderung gurih dan nggak terlalu manis. Selain itu, kombinasi antara sayuran segar, potongan tahu kuning dan ketupat yang pas, serta kuah kacang yang gurih dan sambal dengan tingkat kepedasan yang pas bikin banyak orang ketagihan.

“Tahunya digoreng dan dicampur dengan yang lain seperti ketupat, tauge, bakwan, dan kol. Setelah itu disiram dengan kuah kacang. Kuah kacang ini yang membedakannya dengan kupat tahu lainnya,” ungkap pegawai warung tersebut, Siti Afiah sebagaimana dilansir dari Betanews, Sabtu (3/9/2022).

Hm, nggak heran deh jika sang pemilik kemudian membuka cabang. Adalah di Jalan Talun, Tambakan, Sedayu, Kecamatan Muntilan yang dipilih menjadi cabang kupat tahu ini. Lokasinya dekat kok dengan Perkantoran Bupati Magelang. Jadi, buat kamu yang mau berkunjung ke Candi Borobudur, jangan lupa agendakan mampir ke Kupat Tahu Pak Manthok ya. Nggak seperti warung induknya, di sini hanya fokus menjual kupat tahu.

Satu porsi Kupat Tahu Pak Manthok dijual dengan harga Rp 12 ribu. Wah, sepertinya nominal ini merupakan harga yang pantas untuk kuliner khas yang lezat ya, Millens? (Arie Widodo/E05)