Kuliner Pedas dan Menggoda dari Banyumas itu Bernama Sayur Kraca

Kuliner Pedas dan Menggoda dari Banyumas itu Bernama Sayur Kraca
Sayur kraca. (Nurfaizianshori.blogspot)

Keong sawah sering diolah menjadi satai atau tumisan. Agak berbeda di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, binatang air ini diolah menjadi sayur kraca. Bagi kamu yang doyan pedas, kuliner ini harus kamu coba! Hm, senikmat apa sih?

Inibaru.idMillens, pernahkah kamu menyantap olahan keong sawah? Hewan ini biasanya diolah dengan cara ditumis atau dijadikan satai. Namun, di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, keong sawah diolah menjadi sayur kraca. Menjelang bulan Ramadhan, sayur ini semakin sering dijumpai, lo.

Dengan rasa pedas yang segar, keong sawah yang telah diolah menjadi sayur ini memiliki tekstur yang empuk. Sebelum direbus, perlu pula menumis bumbu supaya rasanya makin kuat.

Lengkuas, kunyit, dan jahe merupakan sebagian rempah yang digunakan dalam bumbu ini. Nantinya, bumbu ini dicemplungkan selama proses perebusan sehingga menghasilkan rasa yang nikmat.

Sayur kraca. (Detik)

Untuk mencicipi sayur kraca, kamu harus menyedot daging ini supaya lepas dari cangkangnya. Bagi yang merasa cara tersebut susah, kamu bisa menggunakan tusuk gigi untuk mencongkelnya.

Kamu bisa mencicipi sayur keong kraca di sejumlah tempat di Banyumas, salah satunya yang berada di Jalan Bobosan, Desa Purwanegara, Kecamatan Karangjambu.

Gimana, pilih masak sendiri atau beli saja? Eh, tapi kudu Banyumas. Gimana dong? Ha-ha. (IB15/E03)