Nasi Gandul Pak Memet, Kuliner Khas Pati yang Bisa Kamu Nikmati di Semarang

Nasi Gandul Pak Memet, Kuliner Khas Pati yang Bisa Kamu Nikmati di Semarang
Warung Nasi Gandul Pak Memet. (Inibaru.id/ Muhammad Adiatma)

Berlokasi nggak jauh dari pusat kota Semarang, nasi gandul khas Pati ini begitu diminati masyarakat. Rasanya yang menyerupai aslinya dan harganya yang bersahabat menjadi beberapa pemicunya.

Inibaru.id – Nasi gandul dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah, memang ngangeni. Namun, dengan kesibukan sehari-hari di Semarang, berkunjung ke kota yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Semarang tentu bukanlah hal mudah. Beruntung, kelezatan kuliner yang menyerupai gulai dan semur itu bisa saya nikmati di Kota Lunpia. Nasi Gandul Pak Memet namanya.

Buka sejak 1990, rumah makan yang berada di Jalan Dr Cipto No 12 Bugangan, Semarang Timur, memang dikenal menyajikan menu nasi gandul yang begitu mirip dengan rasa aslinya. Maka, nggak heran kalau kedai yang hanya berjarak sekitar 15 menit berkendara dari pusast kota tersebut hampir selalu ramai dipadati pembeli.

Buat kamu yang belum pernah mencicipi nasi gandul, makanan ini merupakan perpaduan nasi pindang, rawon, dan gulai. Laiknya yang ada di Pati, Nasi Gandul Pak Memet juga menggunakan daging dan jeroan sapi yang dipotong kecil-kecil. Potongan daging itu kemudian diletakkan di atas nasi, lalu diguyur kuah berwarna kecoklatan yang gurih.

Takaran yang pas antara gurih, manis, dan kaya rempah-rempah itu disajikan di atas piring yang dilapisi daun pisang, membuat aroma nasi gandul lebih terasa sedap. Kamu bisa menikmati nasi gandul dengan tambahan tempe atau perkedel sebagai lauk pelengkap.

Nasi Gandul Pak Memet. (Inibaru.id/ Muhammad Adiatma)

Antre Panjang

Warung Pak Memet buka pukul 16.30 hingga 21.00 WIB. Berdasarkan pengalaman saya, ada baiknya kamu menghindari "jam sibuk" di warung tersebut untuk makan di sana, yakni pas jam makan malam atau sekitar pukul 18.00-19.30. Antreannya panjang sekali! Kalau nggak terpaksa atau sudah kelaparan banget, mending pilih datang setelah pukul 20.00 sekalian, Millens.

Seporsi nasi gandul di warung tenda itu dibanderol dengan harga sekitar Rp 16.000-25.000. Ini bergantung dari banyaknya lauk daging atau jeroan yang kamu minta. 

Oya, untuk memesan, kamu tinggal bilang ke pelayan, ya. Pelayan tersebut nantinya akan segera menanyai pesananmu, dan mengantarkannya begitu sudah siap.

Selain ke Warung Pak Memet, kamu juga bisa menikmati nasi gandul di Semarang dengan mengunjungi sejumlah tempat, di antaranya Nasi Gandul Pak Kong, Nasi Gandul Pak Subur, atau Nasi Gandul Pak Abdul. Ketiganya juga sama-sama mantap!

Gimana, Millens? Buat kamu yang ada di Semarang dan kangen atau pengin menjajal nasi gandul, silakan mengunjungi Nasi Gandul Pak Memet, ya! (Muhammad Adiatma/E03)

 

Nasi Gandul Pak Memet

Alamat    : Jalan Dr Cipto No 12 Bugangan, Semarang Timur, Semarang

Kategori  : Street Food

Jam Buka: 16.30-21.00 WIB

Harga      : Rp 16.000-25.000