Kuliner dari Cirebon yang Banyak Dijual di Pantura Jawa Tengah, Nasi Lengko

Kuliner dari Cirebon yang Banyak Dijual di Pantura Jawa Tengah, Nasi Lengko
Nasi Lengko. (resepdanmasakan)

Kendati dari Cirebon, masakan yang biasa menjadi menu sarapan ini juga banyak dijual di wilayah pantai utara Jawa Tengah seperti Brebes dan Tegal.

Inibaru.id – Saat kamu melintas di daerah pantura utara Jawa, khususnya di Kabupaten dan Kota Tegal, nasi lengko mungkin bakal jadi salah satu makanan yang hampir selalu kamu temui di pinggir jalan. Yap, makanan ini memang banyak dijual di sepanjang Tegal hingga Brebes.

Berasal dari Cirebon, Jawa Barat, yang juga berada di wilayah pantura Jawa, nasi lengko biasanya memiliki cita rasa yang cenderung gurih dan manis. Saus kacang adalah kunci dari nasi campur sayur ini. Plus bawang goreng sebagai taburan di atasnya, nasi lengko adalah sajian lengkap untuk sarapan.

Kamu yang suka rasa pedas juga bisa menambahkan potongan cabai pada nasi lengko untuk mendapatkan cita rasa tersebut.

Nah, penasaran? Mampirlah ke warung-warung penjual nasi lengko. Kalau pengin yang legendaris, kamu bisa datang ke nasi lengko Haji Barno di Cirebon.

Nasi Lengko Haji Barno berada di Jalan Pangonan. Konon, kedai tersebut sudah berjualan nasi lengko sejak 1968.

Karena alasan inilah warung nasi lengko ini sangat populer di kalangan masyarakat Cirebon dan para pencinta kuliner dari seluruh Indonesia. Jadi, kuy-lah! (IB20/E03)

Tags :