4 Kuliner Ini Harus Kamu Coba Kalau ke Temanggung

4 Kuliner Ini Harus Kamu Coba Kalau ke Temanggung
Dawet Pasar Papringan, Temanggung. (instagram.com/anggun_diary)

Berkunjung ke Temanggung, jangan lupa mencicipi makanan khasnya yang sedap dan kaya rempah.

Inibaru.id - Kalau kamu suka mendaki gunung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, tentu bukanlah kota asing buatmu. Ya, kota yang berada di lereng dua gunung, yakni Sindoro dan Sumbing, itu memang menjadi salah satu titik pendakian gunung-gunung tersebut. Nggak heran kalau banyak yang mengenal kota penghasil tembakau itu.

Nah, kalau kamu pas berada di Temanggung, mencicipi kuliner di sana tentu bakal menjadi pengalaman yang nggak terlupakan. Kota itu memang punya banyak kuliner yang mungkin nggak bakal kamu temui di tempat lain. Jadi, rugi kalau nggak kamu coba. Apa saja yang harus kamu cicipi?

Iwak Kali

Iwak uceng di Waroeng Iwak Kali Temanggung. (instagram.com/waroengiwakkali)

Ikan air tawar atau dalam bahasa Jawa iwak kali menjadi kuliner pertama yang harus kamu coba kalau berkunjung ke Temanggung. Salah satunya ada di Jalan Medono, Klebakan, Soropadan, Pringsurat, Temanggung. Di sana kamu bisa menjumpai pelbagai olahan ikan air tawar.

Salah satu yang menjadi favorit para tamu adalah ikan wader yang dimasak goreng tepung. Tapi, jika kamu pengin menjajal jenis ikan lain, selalu ada pilihan.

Kamu juga bisa mencicipi ikan beong, nila, dan bawal, yang siap dimasak bumbu rica, mangut, atau lombok ijo. Pokoknya, cocok banget, deh, untuk menu makan siang kamu. 

Brongkos Kikil Kepala Kambing

Brongkos kepala kambing. (instagram.com/williamwongso)

Nah, menu satu ini cocok untuk kamu yang suka masakan pedas. Seperti brongkos biasa, tapi makanan khas Kabupaten Temanggung ini menggunakan bahan antara lain tulang, kulit, kepala, hingga otak kambing yang dibumbui superpedas.

Empis-Empis Tahu Tempe

Empis-empis tahu-tempe. (resepcaramasak.com)

Ini merupakan masakan berbahan dasar tahu dan tempe bungkil (tempe kedelai yang memiliki cita rasa khas dan aroma menyengat) dicampur dengan cabai hijau atau merah yang diris tipis dan bumbu rempah lainnya. Cara memasaknya adalah dioseng dengan tambahan kecap manis dan santan.

Baik brongkos maupun empis-empis kamu bisa jumpai di banyak warung di Temanggung, ya, Millens.

Mendut

Mendut atau putri mandi. (resepgulaku.com)

Biasanya kita menemukan jajanan ini pada acara hajatan di daerah Jawa Tengah. Selain dinamakan mendut, kue kenyal, warna-warni, dan manis ini juga biasa disebut bugis atau putri mandi. Bahan dasar kue mendut adalah tepung beras ketan dan gula kelapa sebagai isiannya.

Itulah makanan yang bisa kamu coba atau beli sebagai oleh-oleh saat berada di Temanggung. Sudah nggak bingung lagi mau makan apa, kan?  (IB20/E03)