Kue Tradisional Geblek dari Yogyakarta, Bentuk Sederhana dengan Rasa Luar Biasa

Kue Tradisional Geblek dari Yogyakarta, Bentuk Sederhana dengan Rasa Luar Biasa
Geblek, makanan sederhana dari Kulon Progo. (Cookpad)

Terbuat dari singkong, geblek menjadi makanan tradisional yang mudah ditemukan di pasar-pasar Kulon Progo. Menggunakan ketumbar dan bawang putih sebagai rasa yang cukup dominan, seenak apa sih rasanya?

Inibaru.id – Yogyakarta menyimpan puluhan kue tradisional yang bisa kamu coba jika pengin memanjakan lidah. Nah, dari sekian banyaknya pilihan, kamu sebaiknya nggak melewatkan geblek. Makanan yang terbuat dari tepung kanji ini bisa kamu jumpai dengan mudah di pasar-pasar tradisional Kulon Progo, lo.

Selain tepung kanji, geblek dibuat dengan bumbu campuran bawang putih dan garam. Ya, dengan bahan-bahan yang sederhana, terciptalah makanan dengan rasa yang kenyal di dalam dan kering di luar. Selain bawang putih dan garam, geblek juga menggunakan bumbu-bumbu lain yakni kelapa parut, ketumbar, dan penyedap rasa.

Geblek dengan tempe benguk. (Usaharumahan)

Bentuk geblek yang menyerupai angka delapan konon punya nilai filosofi khusus, lo. Angka delapan yang tak putus merupakan simbol dari kekayaan tak terhingga yang dimiliki Kabupaten Kulon Progo. Kekayaan ini berupa objek-objek wisata yang menarik serta sumber daya manusia yang kreatif.

Itu saja? Tunggu dulu! Warna putih makanan ini mengandung arti yang dalam, Millens. Geblek biasanya dimakan bersama tempe benguk. Tempe benguk yang berwarna hitam dan geblek yang berwarna putih merupakan representasi dari keseimbangan. Mengingatkanmu pada lambang Yin dan Yang! He-he.

Geblek bersanding dengan kopi, teh, dan tempe benguk. (Travelingyuk)

Gimana, tertarik untuk mencicipi rasa makanan ini? Geblek akan nikmat disantap saat masih hangat. Dengan cara pembuatannya yang cukup mudah, kamu bisa mencoba bikin sendiri, lo! (IB06/E03)