Kue Poporcis, Kudapan Khas Natal dari Ambon

Kue Poporcis, Kudapan Khas Natal dari Ambon
Kue Poporcis. (Smartmama)

Masyarakat Ambon punya kuliner khusus yang selalu ada setiap merayakan Natal. Salah satunya adalah kue poporcis yang berbentuk seperti pancake mini.

Inibaru.id – Natal selalu dirayakan umat Kristiani secara meriah. Mereka bahkan sudah mempersiapkan perayaan itu jauh-jauh hari mulai dari menghias pohon natal, memasang pernak-pernik Natal, hingga menyiapkan hidangan-hidangan khas Natal. Di Ambon, ada satu hidangan yang nggak boleh ketinggalan saat Natal tiba yakni kue poporcis.

Kue pofferjes atau yang sering disebut poporcis itu merupakan kue adaptasi yang berasal dari Belanda. Bila dilihat, bentuk kue poporcis mirip pancake dengan porsi yang lebih kecil alias mini. Masyarakat Ambon biasanya menyantap kue ini sebagai menu sarapan saat Natal tiba. Selain itu, kue ini juga dihidangkan untuk sanak saudara dan teman yang datang berkunjung.

Kue ini berbahan dasar tepung terigu yang dipadukan dengan sejumlah bahan lain seperti kuning telur, baking powder, susu cair, mentega tawar, dan sedikit garam. Eits, ada yang unik dari pembuatan kue poporcis itu karena masyarakat Ambon selalu menambahkan labu kuning dalam adonannya. Wah!

Kalau pancake dimasak menggunakan teflon, kue poporcis berbeda. Kue ini dimasak menggunakan wajan yang alasnya berupa lubang-lubang kecil.

Kue poporcis biasanya disajikan dengan topping yang bisa kamu kreasikan sesukamu. Kamu bisa menambahkan es krim, taburan gula halus, madu, atau parutan keju yang banyak di atas kue poporcismu. Rasa kue ini manis dan mengenyangkan.

Selain sebagai sarapan dan jamuan, menu ini juga cocok dijadikan bingkisan, lo. Kamu bisa memberikan kue ini kepada orang-orang terdekat saat Natal. (IB07/E04)