Kue Pancong Betawi, Aroma Kelezatannya Tercium sampai Amerika

Kue pancong, jajanan khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, santan, dan parutan kelapa ini menjadi viral di Amerika.

Kue Pancong Betawi, Aroma Kelezatannya Tercium sampai Amerika
Kue Pancong Lezat (beritagar.id)

Inibaru.id - Kue pancong, jajanan khas Indonesia, tepatnya berasal dari masyarakat Betawi, yang terbuat dari tepung beras, santan, dan parutan kelapa ini menjadi viral di Amerika. Millens tahu kenapa?

Dilansir dari GNFI (2/1/2017), bermula dari seorang designer kreatif Amerika, Nigel Sielegar membuat kue pancong dan memasarkannya lewat Brand Moon Man. Sejak April 2017, kue pancong atau yang di Amerika dikenal dengan sebutan Coconut Pancake ini membuat para pengunjung tokonya merasa ketagihan dengan rasa dan aroma kue pancong yang khas.

Bukan hanya itu, usaha Niegel mengenalkan kuliner Indonesia membuahkan hasil dengan masuk sebagai finalis Vendy Award untuk kategori makanan pencuci mulut terbaik pada bulan September 2017.

Baca juga:
Catatan 2017: Inilah Resep Makanan Paling Dicari
Kuah Beulangong, Lezat dan Simbol Pemersatu

Bagaimana kue pancong di Indonesia?

Konon jajanan tradisional ini awalnya berasal dari Jakarta. Nah di beberapa daerah sebutan kue pancong ini berbeda, di Bandung kue ini disebut kue bandros, di Jawa Tengah dan Jogja dikenal dengan nama serabi rangin atau gandos, dan di Bali dinamai haluman.

Rasa kue pancong benar-benar bikin ketagihan loh, Millens. Paling pas menikmatinya saat hangat-hangat baru matang, rasa gurihnya menggoda banget. Kulit luarnya yang krispi tapi lembut dan agak creamy di dalamnya.

Tapi kue yang bentuknya setengah lingkaran ini sudah mulai jarang ditemui, mungkin karena harga bahan-bahan yang mahal, sedangkan harga kue pancong sendiri masih terbilang murah.

Buat sobat Millens yang hobi memasak, bisa dicoba nih, membuat kue pancong di rumah. Cetakan kuenya juga mudah ditemukan.

Baca juga:
Inilah Penganan Para Raja Majapahit
Biji Ketapang Bikin Ketagihan

Cara membuatnya juga mudah. Yang pertama mencampurkan tepung beras, parutan kelapa, dan garam. Masukan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Siapkan cetakan dan panaskan, kemudian olesi dengan minyak sayur. Tuangkan adonan ke dalam cetakan tersebut kemudian tutup. Jika sudah matang, angkat dan taburi dengan gula pasir di atasnya, yummy.

Pas banget buat menemani waktu sore hari Sobat Millens. Apalagi dinikmati bersama segelas teh panas. Nikmat mana yang Millens dustakan? It’s perfect. (LAM/SA)