Kian Terlupakan, Kue-Kue Tradisional Ini Mulai Hilang dari Daftar Suguhan Lebaran

Kian Terlupakan, Kue-Kue Tradisional Ini Mulai Hilang dari Daftar Suguhan Lebaran
Kembang goyang. (resepgulaku.com)

Kuliner senantiasa berkembang mengikuti zaman. Akibat perkembangan ini pula, kue-kue tradisional mulai kehilangan peminat. Padahal, sebagian dari kue-kue itu memiliki rasa enak yang khas, lo. Apa saja kue-kue itu?

Inibaru.id – Lebaran identik dengan berbagai suguhan makanan, mulai dari kue-kue modern yang dipanggang menggunakan oven hingga kue-kue tradisional mengisi meja di setiap rumah. Sayang, seiring dengan perkembangan zaman, kue-kue tradisional semakin jarang dilirik.

Untuk menikmati kue-kue itu, butuh usaha ekstrakeras mencarinya. Ini lantaran nggak banyak orang yang menjualnya. Berikut daftar kue-kue tradisional yang sulit dicari.

Kembang Goyang

https://i0.wp.com/resepkoki.id/wp-content/uploads/2018/04/Resep-Kembang-Goyang.jpg?resize=860%2C380&ssl=1

Kembang goyang sering menjadi suguhan pada acara hajatan. (Resepkoki)

Sesuai dengan namanya, bentuk kue ini menyerupai bunga. Kembang goyang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu. Kue ini diolah dengan cara digoreng. Meski renyah, kue ini kurang diminati anak muda.

Grubi

Rasanya manis, lo. (Ukmluckysari.blogspot)

Sebagian penggemar rasa manis mungkin kurang familiar dengan kue ini. Padahal, bicara soal rasanya, nggak kalah bikin nagih, lo.

Grubi dibuat dari ubi rambat yang diserut halus, kemudian dikombinasikan dengan gula merah. Meski banyak yang menyukainya, kue ini mulai jarang ditemukan.

Sagon

Tepung sagu jadi bahan utama pembuatan sagon. (Travelingyuk)

Kamu yang berada Wonosobo tentu nggak asing dengan kue ini. Sagon terbuat dari tepung sagu dan gula yang dipadatkan. Rasa kue ini manis. Sayang, kue unik itu lagi-lagi kian sulit dicari.

Unthuk Cacing

https://img-global.cpcdn.com/003_recipes/1ef281ee4c187019/751x532cq70/unthuk-cacing-aka-rumah-cacing-foto-resep-utama.jpg

Namanya unik, ya? (Cookpad.com)

Berbentuk melingkar ibarat cacing, begitulah asal nama kue ini. Kue asal Cilacap ini kini menjadi salah satu yang jarang dijumpai saat Lebaran.

Unthuk cacing terbuat dari tepung beras, santan segar, mentega, gula, dan telur. Seperti kembang goyang, rasa kue ini renyah. Duh, sayang ya kalau makanan tradisional semacam ini juga hilang dari peredaran?

Eits, kendati langka, keempat kue itu mungkin masih bisa ditemukan di pasar tradisional. Kalau kamu kangen rasanya dan sulit menemukannya, nggak ada salahnya untuk mencari kue-kue tersebut di toko-toko daring.

Atau, kamu justru punya ide untuk membuatnya sendiri? Nggak ada salahnya, lo, memodifikasi kue-kue itu supaya rasanya lebih "modern". (IB15/E03)