Kue Biji Ketapang: Dari Betawi, Banyak Tersaji di Toples Suguhan Orang Jawa

Kue Biji Ketapang: Dari Betawi, Banyak Tersaji di Toples Suguhan Orang Jawa
Kue biji ketapang. (Detik)

Bentuknya bulat, kecil, dan keras. Rasanya gurih. Inilah kue biji ketapang, kue yang cocok menemani ngopi atau ngeteh yang sudah menjadi tradisi masyarakat Jawa.

Inibaru.id – Kletikan memang menjadi teman paling pas saat mereguk kopi. Di Jawa Tengah, tradisi ngeteh atau ngopi pagi sudah merupakan tradisi. Sebagai teman ngopi, kadang ada gorengan. Namun, nggak jarang, ada kue biji ketapang yang menemani.

Kalau kamu belum pernah mengetahui kue khas masyarakat Betawi ini, bentuknya bulat kecokelatan. Bentuknya cukup keras, tapi pecah di mulut. Kamu yang suka ngemil, dijamin bakal menyukai kue kering tersebut.

Kue yang kerap disajikan pada momen Lebaran ini diolah dengan digoreng atau dipanggang sehingga dihasilkan makanan kering yang bisa awet disimpan dalam jangka waktu lama.

Konon, nama biji ketapang ini diambil karena memang camilan ini bentuknya mirip dengan biji buah ketapang, sejenis pohon kemiri yang banyak tumbuh di Betawi atau Jakarta pada zaman dulu.

Biji ketapang ini memang cocok dinikmati bersama secangkir teh panas atau kopi. Bentuknya yang kecil-kecil dan rasanya yang gurih dan manis memiliki cita rasa tersendiri.

Ada dua rasa dominan yang biasa dibuat, yaitu gurih dan manis. Keduanya sama-sama enak dan diminati banyak orang.

Hm, cobain deh, kamu nggak bakal menyesal! Ha-ha. (IB20/E03)

Tags :