Kue Bangkit Jahe, Kue Lebaran dengan Rasa Manis yang Menggigit

Kue Bangkit Jahe, Kue Lebaran dengan Rasa Manis yang Menggigit
Kue bangkit jahe. (Grid.id)

Jahe kerap digunakan sebagai campuran dalam makanan dan minuman. Rempah ini nggak ketinggalan pula digunakan saat membuat kue bangkit jahe. Sudah pernahkah mencicipi kue tersebut?

Inibaru.id – Sebagai salah satu rempah, jahe memiliki banyak kegunaan. Nggak hanya kerap dipakai untuk menghangatkan badan, jahe juga biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masak hingga campuran kue kering.

Nggak melulu jadi campuran kue kering, rempah ini digunakan pula sebagai campuran kue bangkit jahe. Pernah mencicipi kue ini? Menjelang Lebaran, nggak ada salahnya, lo, bikin kue tersebut sebagai suguhan!

Bahan:

  • 150 gram margarin
  • 125 gram gula halus
  • 2 butir kuning telur ayam
  • 350 gram tepung terigu
  • 100 gram jahe putih

Cara membuat:

  1. Kupas dan cuci jahe hingga bersih, kemudian parut. Campur dengan sedikit air, lalu peras. Sisihkan ampasnya.
  2. Campurkan gula dan margarin, kocok sampai merata. Masukkan telur, lalu kocok lagi.
  3. Masukkan ampas jahe bersama tepung, aduk dengan sendok sampai tercampur merata.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat kelereng, taruh di atas loyang yang sudah diolesi margarin. Pipihkan adonan menggunakan garpu dan bentuk garis-garis di atasnya.
  5. Panggang adonan kue bangkit jahe sampai kuning kecokelatan.

Untuk membuat kue ini, kamu hanya membutuhkan dana sekitar Rp 25 ribu, lo. Kalau pengin bikin stok yang banyak, tentu kamu juga perlu menyesuaikan pengeluaranmu.

Meski cara bikinnya gampang dan harga bahan yang dibutuhkan relatif murah, rasa kue ini nggak kalah enak ketimbang yang dijual di toko. Kamu bisa bikinnya kan, Millens? Yuk, dicoba dulu! (IB15/E03)