Kudapan Mungil nan Gurih dari Klaten ini Bernama Kepelan

Beberapa orang memaknai kata “kepelan” sebagai bekal makanan yang lengkap dengan lauknya. Ada juga yang mengartikannya sebagai makanan yang dikepal. Sementara, di Klaten, kepelan dikenal sebagai salah satu kudapan gurih yang siap menemani santaimu. Penasaan?

Kudapan Mungil nan Gurih dari Klaten ini Bernama Kepelan
Kudapan gurih khas Klaten yang bernama Kepelan. (Jogjaupdate)

Inibaru.id – Mungil, gurih dan murah, begitulah tiga kata yang tepat untuk mendeskripsikan “kepelan”. Salah satu kudapan dari Klaten yang layak kamu coba saat berkunjung ke sana.

Bentuknya yang mungil memang cocok dijadikan teman bercakap dengan disandingkan bersama teh atau kopi. Camilan ini juga cocok dicamil sembari bikin tugas atau lembur kerjaan.

Gurih? Yap, kudapan yang satu ini memiliki rasa gurih dan biasanya, kepalan dihidangkan bersama saus, baik itu saus pedas, saus kecap, ataupun saus tomat. Tergantung seleralah!

Kepelan goreng merupakan varian terfavorit masyarakat Klaten. (Laperpuol.wordpress)

Oya, kepelan adalah tepung terigu yang diberi bumbu dapur dengan racikan dan takaran tertentu. Camilan itu kemudian digoreng. Satu kantung berukuran sedang hanya dihargai Rp 5.000 saja. Itu sudah termasuk saus.

Selain digoreng, kepelan juga dimasak dengan dibakar seperti sate. Untuk varian ini, harga per tusuknya sekitar Rp 1.000 saja.

Di daerah Pedan, kamu bisa menjumpai banyak pedangang kepelan. (Laperpuol.wordpress)

Kalau penasaran, langsung saja sambangi Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten. Daerah itu memang merupakan pusat kepelan yang pasti bakal bikin lidahmu bergoyang tanpa takut dompetmu jebol!

Jadi, kapan mau cobain kepelan sama doi di Klaten? Eits, kalau pum nggak punya doi, tetap boleh kok beli kepelan sendiriam. Malah enak bisa dihabiskan sendiri! Ha-ha. (IB23/E03)