Kriuk-Kriuk Makan Godril, Kerupuk Gurih dari Salatiga

Kriuk-Kriuk Makan Godril, Kerupuk Gurih dari Salatiga
Godril dalam bentuk pilus. (agrowindo)

Murah, gurih, dan enak. Hm, godril memang menjadi kerupuk khas Salatiga yang sayang untuk dilewatkan. Eh, pernahkah kamu mencicipi makanan ini? Hm, dengan rasanya yang renyah, godril cocok untuk oleh-oleh orang rumah saat berkunjung ke Salatiga ini.

Inibaru.id – Renyah teksturnya, pedas rasanya, dan tinggi proteinnya, itulah Godril, kuliner asli dari Kota Salatiga. Godril merupakan kerupuk yang terbuat dari singkong. Kalau kamu singgah di kota berhawa sejuk tersebut, mampirlah untuk mencicipi penganan ini.

Untuk membuat godril, dibutuhkan proses yang nggak sebentar, lo. Setelah dikupas dan dibersihkan, godril diparut terlebih dahulu. Usai diparut, singkong lantas dibumbui kencur, bawang putih, bawang merah, serta cabai.

Setelah bumbu tercampur rata, barulah singkong dibungkus daun pisang dan dikukus sekitar 30 menit. Selesai? tunggu dulu! Kamu masih harus mendiamkan singkong selama semalam, Millens.

https://2.bp.blogspot.com/-zSDuysCgmtk/V19Sjl-Y6iI/AAAAAAAAAb0/GOjPzY34XdYmWbEXyskW8-l873simiyLQCKgB/s1600/godril.png

Godril. (Cookpad)

Dengan rasanya yang gurih dan renyah, godril dijual sekitar Rp 3.000 saja per bungkus. Murah meriah kan?

Nah, kalau kamu sedang berada atau melintas di Salatiga, nggak ada salahnya menjadikan godril sebagai oleh-oleh orang-orang terkasih. (IB15/E03)