Kopi Pesisir Khas Kebumen, Penikmat Kopi Wajib Coba

Berbeda dengan kopi yang tumbuh di dataran tinggi, kopi pesisir khas Kebumen mempunyai cita rasa yang lebih tajam dan kuat.

Kopi Pesisir Khas Kebumen, Penikmat Kopi Wajib Coba
Kopi pesisir khas Kebumen. (Viva)

Inibaru.id - Hamparan kebun kopi umumnya berada di dataran tinggi. Biji-biji kopi berkualitas memang acap berasal dari kota-kota berhawa sejuk di lereng pegunungan. Misalnya saja, kopi dari Temanggung, Wonosobo, dan lereng Muria, Kudus.

Namun, lima tahun belakangan, kopi dari pesisir mulai terkenal nih, Millens. Hm, kamu memang nggak salah baca info. Biji-biji kopi berkualitas juga bisa didapat dari tanah dataran rendah seperti pesisir pantai.

Pesisir Kebumen menjadi satu tempat penghasil kopi enak yang nggak sekadar dinikmati orang Indonesia, tapi juga luar negeri.

Dengan lokasi perkebunan yang hanya berada di tanah setinggi 10-15 mdpl, banyak varian kopi tumbuh subur.

Jenis kopi pesisir juga nggak kalah beragam, lo. Menurut Yuridulloh, seorang petani kopi yang memulai dan mengembangkan kopi pesisir Kebumen mengatakan, ada varian kopi robusta, arabika, liberica, java, dan excelsa di situ.

Soal cita rasa, kopi pesisir mempunyai karakter yang nggak kalah khas. Untuk kopi liberika misalnya, jika ditanam di ketinggian cenderung rasanya seperti sayur. Namun, jika ditanam di pesisir, bisa saja kopi yang dihasilkan dipengaruhi oleh bau tanah dan aroma nangka.

Pun jenis kopi robusta ya, Millens. jika ditanam di dataran tinggi, kopi robusta rasanya seperti cokelat. Aroma kopi akan lebih kuat jika ditanam di pesisir.

Satu lagi yang penting! Kamu harus tahu efek pascaminum atau aftertaste kopi pesisir.

“Kalau yang nggak biasa minum, kepalanya seperti menggunakan helm 40 kilogram. Berat sekali. Kalau lagi galau, efeknya seperti orang nyabu. Kalau lagi ceria, jadi agresif,” terang Yuridullah melalui CNN Indonesia (23/9/2015).

Ya, kini kopi pesisir Kebumen sudah makin kondang. Kerja sama antara Dinas Kehutanan dan Pekebunan Kebumen dengan petani kopi dalam hal pengembangan semoga makin bisa membuat kopi pesisir kian mendunia. (IB20/E03)