Kopi Kunyit, Minuman yang Bakal Ngehits dalam Waktu Dekat

Apa jadinya kalau kopi Anda dicampur dengan kunyit? Masihkah bikin indera penciuman dan lidah Anda kepincut karena aroma dan rasanya.

Kopi Kunyit, Minuman yang Bakal Ngehits dalam Waktu Dekat
Kopi kunyit. (Foto: flipboard.com)

Inibaru.id - Kopi adalah salah satu minuman paling familiar di dunia, selain teh. Rasa yang khas di lidah dan aromanya yang begitu menggoda di indera penciuman kita ini memang begitu masyur di berbagai kalangan masyarakat, menyusup dari warung kopi pinggir pasar hingga kafe elit yang hanya mampu ditembus para borjuis.

Selera orang tentang kopi pun berbeda-beda. Ada yang suka kopi orisinil tanpa penambahan apapun seperti espresso atau americano hingga yang memilih menyukai kopi blended seperti cappuccino dan latte yang dicampur susu, moccacino yang dipadu dengan cokelat, atau frappe yang dibubuhi es krim.

Namun, tahukah Anda jika kaum muda-mudi atau yang biasa disebut para generasi millenials di Inggris saat ini lagi ngehits banget yang namanya minum kopi kunyit? Ya, kunyit, rempah yang di Indonesia biasa digunakan sebagai jamu pelangsing, penyegar badan, dan yang konon bisa membuat aroma tubuh lebih wangi.

Selain dikenal sebagai minuman jamu, kunyit atau curcuma juga biasa dipakai sebagai pewarna alami untuk warna kuning. Tapi, tak banyak yang tahu jika kunyit juga dipakai dalam campuran kopi. Seems weird, eh?

Tapi begitulah adanya. Dilansir dari Brilio.net, Minggu (20/8/2017), kopi latte dengan rasa unik yakni kunyit diketahui sedang tren di kalangan penikmat kopi di Inggris, khususnya kaum muda. Lantaran warnanya yang keemasan, kopi ini disebut “golden milk”, yang berasal dari campuran kopi, susu, dan kunyit.

Penambahan kunyit sendiri saat ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru di Inggris, karena banyak kafe hipster dan yang menyajikan hidangan sehat menyajikan minuman ini. Kendati demikian, Starbucks-lah yang mengenalkan kopi kunyit ini di kalangan yang lebih umum untuk kali pertama.

Waralaba kedai kopi ternama dunia ini sendiri diketahui akan memulai penjualan Golden Milk pada 7 September 2017 mendatang. 200 gerai Starbucks yang ada di seluruh penjuru London akan menampilkan menu ini.

Kopi kunyit di Starbucks akan disajikan dalam bentuk latte, espresso dipadu steamed milk, kemudian dibubuhi bubuk kunyit nan wangi.

Untuk harga, kopi latte kunyit tersebut akan dijual seharga 2,65 Euro atau sekitar Rp41.000 untuk ukuran short, 2,95 Euro atau sekitar Rp46.000 untuk gelas ukuran tall, serta 3,25 Euro atau sekitar Rp51.000 untuk gelas ukuran grande.

Kehadiran kopi kunyit tentu akan banyak diminati penggemar kopi, terutama bagi yang juga peduli akan kesehatan tubuh mereka. Secara medis, kunyit memang memiliki zat anti-inflammatory, merupakan zat yang mampu menangkal peradangan serta mendetoks tubuh dan mencegah kemunculan kanker. Ngopi dan tetap sehat, siapa yang menolak? (GIL/IB)