Kopi Dicampur Garam? Ternyata Bisa Bikin Rasa Lebih Enak, lo! 

Kopi Dicampur Garam? Ternyata Bisa Bikin Rasa Lebih Enak, lo! 
Kopi dicampur garam. (Flickr/Doloresa Lapina)

Selain diberi tambahan gula, susu, atau krim, kopi juga bisa diberi tambahan garam, lo. Seperti apa ya rasa dari kopi yang diberi garam?

Inibaru.id – Di Indonesia, ada banyak sekali varian kopi yang bisa kamu coba. Ada kopi sachetan yang biasanya sudah diberi tambahan gula agar rasanya lebih manis. Ada juga kopi hitam yang rasanya cenderung pahit.

Nah, untuk mengakali rasa pahit ini, kebanyakan orang menambahkan gula yang manis. Namun, biar nggak pahit, kamu juga bisa menambahkan garam pada kopi. Iya, kamu nggak salah baca, kopi juga bisa dicampur dengan garam!

Pakar kopi dari Inggris James Hoffmann menyebut kopi yang diberi tambahan sedikit garam memiliki cita rasa yang jauh lebih nikmat. Hal ini disebabkan oleh garam yang memiliki variasi rasa asam, pahit, manis, serta umami alias gurih.

Keberadaan variasi rasa garam ini ternyata bisa membuat indera pengecap kita, lidah, nggak begitu merasakan sensasi pahit dari kopi. Kita pun bisa menikmati kopi dengan lebih baik.

“Salah satu kenikmatan terbaik yang bisa didapat dari kopi adalah jika rasanya enak, rasa pahitnya pas layaknya saat mengonsumsi bir atau cokelat. Jika sensasi pahit yang pas ini diimbangi dengan manis dan asam, kopi akan terasa jauh lebih menyenangkan,” ucap Hoffman sebagaimana dikutip dari Men’s Health pada Kamis (30/7/2020).

Garam bisa menyamarkan rasa pahit pada kopi. (Flickr/Marco Verch)<br>
Garam bisa menyamarkan rasa pahit pada kopi. (Flickr/Marco Verch)

Hoffmann pun merekomendasikan garam sebagai campuran kopi sebagai alternatif jika sudah bosan dengan susu, gula, atau krim. Namun demikian, soal seberapa banyak tambahan garam pada kopi, Hoffmann nggak bisa memberikan rekomendasi. Hal ini sangat berkaitan dengan selera setiap orang yang berbeda-beda.

“Setiap penggemar kopi memiliki tingkat toleransi rasa pahit yang berbeda. Seberapa banyak garam yang ditambahkan tergantung selera sebagaimana saat kita menambahkan krim atau gula,” terangnya.

Di kanal Youtube miliknya, Hoffmann menunjukkan percobaan campuran kopi dengan garam. Dia memakai kopi yang diekstraksi dengan berlebihan sehingga rasanya sangat kuat dan pahit.

Kopi sebanyak 200 ml ini kemudian diberi tambahan 0,1 gram garam. Kopi terasa sedikit asin meski rasanya jadi lebih baik. Anehnya, saat dia terus menambahkan garam hingga 0,6 gram, rasanya justru semakin nikmat.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba campuran kopi dengan garam, Millens? (Rep/IB09/E03)