Konsisten Jadi Tempat Makan Murah, Sowak Dulunya Pelopor Ambil Nasi Sepuasnya
Rumah makan Sowak yang nggak pernah sepi. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)

Konsisten Jadi Tempat Makan Murah, Sowak Dulunya Pelopor Ambil Nasi Sepuasnya

Makanan enak belum tentu mahal. Buktikan saja dengan datang ke rumah makan Sowak! Kamu bisa makan berharga murah meriah dan ambil nasi sepuasnya. Kalau nggak percaya tanya saja anak Tembalang. He

Inibaru.id - Sama seperti mahasiswa perantauan lainnya, saya juga suka kelimpungan mendekati akhir bulan. Bingung mau makan apa dengan uang yang tinggal seitu-itunya. Biasanya saya langsung "setor muka" ke rumah makan langganan, Sowak. Cukup dengan uang Rp 10 ribu - Rp 25 ribu, saya bisa makan enak.

Rumah makan Sowak ini berada di Jalan Banjarsari Selatan No 18, Tembalang, Kota Semarang. Selain itu, mereka juga membuka cabang di daerah Gunungpati, Semarang dan Yogyakarta.

Hampir setiap hari, rumah makan ini ramai oleh pengunjung khususnya saat jam makan siang. Dalam sehari, Sowak Tembalang bisa melayani hingga 150 transaksi. Ada pembeli yang datang sendirian, ada juga yang beramai-ramai.

Sebagian besar pembeli adalah kaum mahasiswa. Nggak cuma di Tembalang, dua cabang yang tadi saya sebutkan juga berdiri di dekat kampus.

Yang khas dari Sowak adalah porsi nasinya. Di sini boleh banget tambah nasi sesukamu. Mantap kan?

"Suka makan di sini soalnya murah pastinya, terutama nasi porsinya banyak. Enggak ngebosenin, pilihannya banyak," ungkap Ratih, salah satu pengunjung.

Pelopori Tambah Nasi Sepuasnya

Sowak menghadirkan pilihan makan nasi sepuasnya cukup dengan Rp 4.500. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)<br>
Sowak menghadirkan pilihan makan nasi sepuasnya cukup dengan Rp 4.500. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)

Selain enak dan murah, rumah makan Sowak yang lebih menyasar ke mahasiswa ini mengklaim menjadi pelopor "ambil nasi sepuasnya".

“Sekarang kan di sekitar Undip ini sudah banyak yang buka makanan nasi sepuasnya. Kalau dulu kan baru satu ini (Sowak),” tutur Eli, supervisor Sowak cabang Tembalang.

Rumah makan yang dibuka pada akhir 2016 ini sedari awal menyediakan makanan yang ramah dengan isi kantong mahasiswa. Meskipun harganya murah, tetapi untuk rasa, tetap enak.

“Sebagian besar customer kami mahasiswa, memang tujuannya ke mahasiswa,” tambahnya.

Menu Baru dengan Harga Mahasiswa

Setiap tahun, rumah makan ini selalu meluncurkan menu baru yang tetap ramah dengan kantong mahasiswa. Tahun ini misalnya, Sowak menghadirkan steamboat sop iwak, tomyum dan hot plate.

“Jadi kita meluncurkan menu baru kayak hotplate sama steamboat itu dengan harga mahasiswa, jadi mereka tidak keberatan dengan harga ini,” tambahnya lagi.

Gimana Millens, tertarik untuk mencoba makan murah dengan nasi sepuasnya? (Julia Dewi Krismayani/E05)