Menyatukan Lumpia Kuno dan Kopi Modern di Java Loenpia Semarang

Menyatukan Lumpia Kuno dan Kopi Modern di Java Loenpia Semarang
Katuai kopi dan lumpia. (Inibaru.id/ Clara Ariski)

Di Java Loenpia Semarang kamu bisa menikmati lumpia di tempat yang nyaman dan kekinian. Selain itu, tersedia juga kopi yang lagi happening. Asyik, kan?

Inibaru.id –  Kesan pertama yang saya dapat begitu masuk outlet cabang Java Loenpia ini adalah bersih, sejuk, dan nyaman. Bau minyak yang khas pada toko lumpia nggak ada sama sekali. Hal ini membuat saya makin penasaran dengan cita rasa lunpia di sini.

Tapi sebelum itu, saya memesan light coffee dari Katuai kopi yang terkenal itu. Rasa kopinya ringan, nggak terlalu pahit dan nggak terlalu asam. Meski ringan, lidah saya masih bisa merasakan susu di dalamnya, manis dan creamy. Kopi susu ini memang lagi hits banget. FYI, Katuai kopi hanya bisa ditemukan di outlet Java Loenpia di Jalan Simongan.

Katuai Kopi light coffee. (Inibaru.id/ Clara Ariski)

Puas mencicipi kopi susu, saatnya saya mencoba lumpia goreng dan basah. Tampilan lumpia ini cukup menarik meski sederhana. Bisa dibilang tampilan lumpia ini merupakan yang paling "cantik" yang pernah saya jumpai. Nggak ketinggalan pelengkap seperti acar, saus kanji, cabai rawit, dan daun lokio (bawang batak/tunas bawang merah) segar untuk menetralisir rasa eneg

Saya segera mengambil satu potong lumpia, mencocolkannya ke saus, ambil sedikit acar mentimun dan cabai rawit. Nyam. Eits, jangan lupa gigit lokio. Cara makan lumpia ini memang unik, Millens. Meskipun mengusung konsep modern, tampaknya pemilik tetap melestarikan cara makan lumpia Semarang ini.

Tinggal pilih lunpia dengan kulit renyah atau kenyal. (Inibaru.id/ Clara Ariski)

Nah, kalau ini kali pertama kamu menjajal lumpia Semarang, jangan sampai keliru ya. Ha-ha. Cara makan itulah yang membedakan lumpia dari Semarang dengan daerah lain.

Oya, saya juga sangat suka tekstur lumpia goreng yang superkrispi dan tanpa minyak berlebihan. Makin nikmat saat dimakan bersamaan dengan condiment. Ada rasa manis, gurih, dan pedas menyatu. Lokio dan acar menambah cita rasa segar.

Lumpia isi rebung, daging, dan sayuran, dicocol saus manis. (Inibaru.id/ Clara Ariski)

Pada lumpia basah, saya mendapati tekstur kenyal. Bahan isiannya sama dengan lumpia goreng yaitu udang, rebung, sayuran, dan daging. Selain rasanya wah, isian lumpia di sini juga wow, lo. Banyak! Bahkan, perlu 2 suapan untuk menghabiskan satu potongan. Rebung pun bebas dari bau "pesing" yang sering kali muncul. Nikmat! 

Lalu, gimana rasanya kombinasi kopi dan lumpia? Surprisingly good. Saya pun menyantap dengan mantap lumpia dan kopi sampai kenyang sembari menatap orang lalu-lalang di Klenteng Sam Poo Kong. Syahdu sekali deh sore ini.

Selain makan di tempat, lumpia dan kopi bisa kamu bawa pulang kok. Nggak ada waktu datang langsung? Tenang, kamu bisa pesan melalui aplikasi kurir daring. Mau beli lumpia untuk oleh-oleh ke luar kota? Kamu bisa memilih lumpia dalam kemasan vacuum biar tetap awet. Kurang apa lagi coba? Cus ah datang ke sini! (Clara Ariski/E05)

 

Java Loenpia Semarang

Alamat: Jalan Dokter Cipto No.115A, Karangturi, Semarang Timur

Cabang: Jalan Erlangga Raya No. 2, Semarang Selatan

Cabang: Jalan Simongan No.125, Semarang Barat

Jam Buka:

05.00-21.00 (outlet Dr.Cipto)

07.00-23.00 (Outlet Simongan)

08.00-21.00 (outlet Erlangga)

Harga menu:

Lumpia basah dan goreng Rp 13.000

Lumpia vacuum mulai dari Rp 81.000

Kopi Rp 10.000 - Rp 26.000