Kletak-kletik Cicipi Sedapnya Soto Kletuk dari Blora

Kekhasan dari soto Blora terletak pada kletuknya. Kletuk adalah semacam camilan berupa singkong yang dipotong dadu lalu digoreng. Bunyinya yang gemeletuk kemudian dinamai kletuk. Hm, seberapa enak?

Kletak-kletik Cicipi Sedapnya Soto Kletuk dari Blora
Soto Kletuk khas Blora. (Wisatakuliner)

Inibaru.id – Kabupaten Blora di Jawa Tengah terkenal dengan kelezatan satai ayamnya. Satai ayam dengan rasa yang unik ini memang telah menjadi salah satu kuliner unggulan di sana.

Bicara soal kuliner unggulan, Kota Mustika juga masih memiliki kuliner lain yang nggak kalah enaknya. Bagi kamu yang kebetulan melewati kabupaten di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini, jangan lupa mencicipi Soto kletuk-nya ya.

Sekilas, soto kletuk nggak berbeda dengan soto khas Semarang. Dengan isian berupa telur rebus, suwiran ayam, dan tauge, soto ini dilengkapi pula dengan kuah yang bening.

Yang bikin berbeda adalah penambahan kletuk di atasnya. kletuk terbuat dari singkong yang dipotong berbentuk kotak mini, mirip dengan kentang yang diolah sebagai sambal goreng kentang. Singkong kemudian digoreng hingga garing. Hm, kebayang kan gurihnya kletuk berpadu dengan sedapnya kuah?

Soto kletuk khas Blora. (Travelingyuk)

Rempah-rempah seperti jahe dan serai turut memperkaya rasa soto ini. Supaya makanmu makin lahap, jangan lupakan lauk tambahannya seperti tahu, satai ampela, atau perkedel.

Harga seporsi satai klehuk murah meriah, lo. Dengan uang sebesar Rp 10 ribu saja, kamu bisa keluar dengan perut kenyang.

Hm, jadi pengin mencicipi rasa satai kletuk nih! Kamu yang penasaran dengan rasanya, mampirlah ke Warung Soto kletuk Pak Galo. Warung yang beralamat di Jalan Gunung Sindoro Nomor 1C nyaris nggak sepi pengunjung.

Sesudah kenyang, jangan langsung pulang ya. Blora punya beberapa tempat kece untuk dikunjungi kok.

Jadi, yuk menjelajahi kabupaten penghasil kayu jati ini! (IB15/E03)