Ketika Kerang Kecil Bertemu Lontong di Jawa Timur

Lontong ini berlauk kupang, kerang kecil yang mengandung zat besi dan seng. Dengan kuah petis, rasanya sedap banget.

Ketika Kerang Kecil Bertemu Lontong di Jawa Timur
Lontong kupang (indonesiakaya.com)

Inibaru.id – Kalau Kupang itu di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), maka lontong kupang ada di Jawa Timur. Maksa banget ya perbandingannya? Memang sih yang disebut pertama itu kota, yang kedua nama makanan di beberapa daerah di Jawa Timur seperti Surabaya, Lamongan, Sidoarjo, Pasuruan, dan Kabupaten Malang kabupaten.

Perlu kamu tahu, kupang adalah kerang berukuran superkecil yang disukai orang Jawa Timur dan diolah sebagai makanan enak bernama lontong kupang.

Dikutip dari food.detik.com (8/8/2017), kupang putih yang memiliki nama ilmiah Corbula faba ini merupakan hewan laut semacam kerang yang bentuknya kecil. Kalau diukur, besarnya antara biji beras dan biji kedelai. Mirip seperti kerang tapi ukurannya sangat kecil dengan tubuh berwarna cokelat pucat. Kupang biasanya sering ditemukan di pinggir pantai atau lumpur berair asin.

Baca juga:
Brekecek, Kepala Ikan Berbumbu dari Cilacap
Sirup Kawista, Si Manis dari Rembang

Ada rumor syereem nih, Millens. Konon kupang ditangkap dengan umpan berupa tinja. Itu nggak benar. Kupang ditangkap nelayan dengan menggunakan tanah liat berwarna kuning dengan dipenuhi rumput dan ganggang laut sehingga kupang menyenangi tempat tersebut dan akhirnya menempel di situ.

Kupang itu diolah dan disajikan dengan lontong. Makanya kuliner ini disebut lontong kupang lontong. Racikan lengkapnya begini: potongan lontong, kuah petis berwarna cokelat bening, taburan kupang, dan sate kerang. Beberapa ada juga yang ditambahi dengan irisan lentho (sejenis gorengan yang dibuat dari campuran singkong serut, tauge, dan kacang tolo).

Karena kupang identik dengan aroma amisnya, maka kupang dibumbui bawang putih goreng dan jeruk nipis dengan tambahan petis sehingga rasanya gurih manis.

Karena itu, kalau kamu lagi jalan-jalan di beberapa kota di Jawa Timur, nggak rugi bila kamu mencicipi kuliner khas ini. Di Surabaya, kamu bisa mencari penjual lontong kupang di beberapa tempat seperti Lontong Kupang Artomoro Surabaya atau Lontong Kupang Bu Wito Surabaya. Di Sidoarjo kamu bisa pergi ke Lontong Kupang Bapak Misari, dan di Malang carilah Kupang Cipto.

Baca juga:
Jenang Kudus, Si Manis yang Punya Cerita Legendaris
Ke Magelang, Seruput Sup Senerek Dulu Ya...

Bagaimana harganya? Mahal? Harga seporsi lontong kupang dibanderol Rp 8 ribu-Rp 10 ribu dengan dipadu sate kerang dengan harga Rp 4 ribu per 10 tusuknya.

Nggak terlalu nguras kocek, kan? Lebih-lebih lagi, penganan ini sehat banget. Maklum kupang memiliki beberapa kandungan yang baik bagi tubuh manusia antara lain Fe (zat besi) dan Zn (zinc/seng). Zat besi diperlukan dalam tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah. Adapun zinc merupakan komponen penting beberapa enzim untuk sistem metabolisme dalam tubuh. Kupang juga mengandung asam-asam lemak yang dibutuhkan tubuh manusia.

Nah, sehat, kan? (EBC/SA)