Keren! Teknik Seduh Kopi Khas Indonesia Ini Sudah Dikenal Ratusan Tahun

Berbeda dari kopi pada umumnya, tidak ada biji kopi yang digunakan untuk membuat kopi ini.

Keren! Teknik Seduh Kopi Khas Indonesia Ini Sudah Dikenal Ratusan Tahun
Kopi Kawa Daun (Foto: Ranah Berita)

Inibaru.id - Jika di masa kini kita mengenal mesin penyeduh kopi yang bisa menghasilkan kopi berkualitas, ternyata ada teknik penyeduhan kopi tradisional yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu yang bisa menghasilkan kopi dengan cita rasa yang unik dan luar biasa. Salah satunya adalah teknik penyeduhan kopi Kawa Daun yang masih bisa ditemukan di Payakumbuh, Sumatera Barat.

Masyarakat Payakumbuh memang dikenal luas sebagai pencinta kopi, khususnya kopi Kawa Daun yang sudah termasyhur kenikmatannya sejak zaman penjajahan Belanda.

Baca juga: Lima Kopi Khas Indonesia Ini Wajib Dinikmati

Teknik penyeduhan kopi Kawa Daun sangat berbeda dari kopi biasanya karena didasari oleh kebijakan penjajah Belanda yang menjual semua biji kopi ke luar daerah. Karena tak ada lagi kopi yang bisa dijadikan minuman, masyarakat Payakumbuh pun berinisiatif untuk menggunakan daun kopi. Cara mengolahnya mirip dengan cara membuat teh, yakni dengan memotong daun kopi kecil-kecil yang kemudian diasapi hingga 12 jam. Setelahnya, daun kopi ini tinggal diseduh dengan air panas dan kopi Kawa Daun pun siap untuk dinikmati.

Selain tidak melibatkan biji kopi sebagaimana proses pembuatan kopi pada umumnya, kopi Kawa Daun juga disajikan dengan wadah yang berbeda, yakni gelas yang terbuat dari batok kelapa. Setelah buah kelapa dibagi menjadi dua bagian, batok kelapa bisa didapatkan setelah dibersihkan daging buah dan sabutnya. Batok kelapa yang memiliki bentuk mirip dengan mangkuk ini tinggal ditambahkan dengan potongan kayu agar bisa berdiri saat ditempatkan di atas meja.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Inilah Perbedaan Matcha dan Green Tea

Perpaduan kopi Kawa Daun yang memiliki cita rasa yang unik dengan wadah dari batok kelapa ini ternyata bisa memberikan cita rasa perpaduan teh dan kopi yang luar biasa. Aroma sekaligus keasaman kopi juga menjadi lebih bersahabat bagi perut kita. Asalkan kita menambahkan gula sesuai dengan selera, maka kita pun bisa mendapatkan kopi Kawa Daun yang sempurna.

Biasanya, warung kopi yang menjajakan kopi Kawa Daun ini juga menyediakan jajanan tradisional yang memiliki bahan dasar kelapa seperti kue bika, lemang, atau buah durian. Jajanan ini tentu akan menambah kenikmatan saat minum kopi Kawa Daun. (AW/SA)