Kenyangkan Pagimu di Tegal dengan Nasi Lengko Porsi Maksimal!

Kenyangkan Pagimu di Tegal dengan Nasi Lengko Porsi Maksimal!
Nasi lengko. (Travelingyuk)

Tegal nggak cuma ada warteg. Ada juga nasi lengko, sajian khas masyarakat setempat yang bakal cocok di lidah siapa saja yang kelaparan karena porsinya yang seabrek.

Inibaru.id – Nasi lengko, pernah mendengar namanya? Kalau kamu asli pantura atau sering melintasi wilayah pesisir utara Jawa Tengah itu pasti nggak asing dengan menu satu ini. Dikenal di Cirebon, Brebes, bahkan Pemalang, lengko merupakan kuliner yang berasal dari Tegal.

Menemukan penjual nasi lengko di Tegal tidaklah sulit. Banyak rumah makan yang menjual olahan nasi ini. Harganya juga murah meriah.

Dalam seporsi nasi lengko, kamu akan menemukan nasi putih biasa yang diberi tauge yang sudah diguyur atau direndam sesaat di dalam air panas, mentimun segar yang dicincang, serta irisan tempe dan tahu goreng. Yang unik, tahu dan tempe yang menjadi lauk lengko digoreng setengah kering.

Nasi lengko, satai kambing, dan tahu gejrot, perpaduan yang pas! (Teguhimamsuryadi.blogspot)

Kemudian, sajian itu diberi taburan irisan daun kucai, bawang goreng, dan kerupuk mi kuning yang diremas. Setelah itu, sajian itu diberi bumbu kacang dan kecap manis, jadilah nasi lengko versi Tegal. Hm, mengenyangkan sekali, bukan?

Selain menggunakan nasi, lengko juga biasa disajikan dengan lontong. Jadi, namanya bukan lagi nasi lengko, melainkan lontong lengko. He-he.

Melengkapi lengko, biasanya kamu juga bakal ditawari satai kambing. Seporsinya, yang disediakan dalam piring terpisah, berisi 5-10 tusuk.

Tampak mengenyangkan untuk mengganjal perut pada pagi hari ya, Millens? Gimana, tertarik mencicipi kuliner Tegal ini? (IB20/E03)