Kenyal-Kenyal Sehat Mi Ayam Rumput Semarang yang Bikin Nagih

Berwarna hijau, Mi Ayam Rumput ini terbuat dari tepung terigu dan tambahan jus sawi. Lalu seperti apa rasanya?

Kenyal-Kenyal Sehat Mi Ayam Rumput Semarang yang Bikin Nagih
Warna hijau Mie Ayam Rumput berasal dari sawi. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Inibaru.id – Ketika berkunjung ke Lawang Sewu, sempatkanlah menikmati Mi Ayam Rumput yang berjarak sekitar setengah kilometer. Dibantu map daring, kamu dan teman-teman bisa sambil jalan kaki menuju ke Jalan Suyudono nomor 44C, Barusari, Kota Semarang.

Terdapat menu andalan yang disediakan, yakni Mi Ayam Rumput. Siang itu saya memesan satu porsi. Warna hijaunya tampak menggoda mata. Semakin lengkap dengan ayam cincang bumbu kecap dan kuah berwarna cokelat.

Mi disajikan tanpa tambahan vetsin. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Hm, rasa gurih kuah langsung terasa. Setelah diaduk dengan sedikit tambahan daun bawang, kecap manis, serta sambal cabai rawit rasanya begitu menyatu. Ukuran minya tampak lebih tipis dari mi ayam kebanyakan. Rasanya memang beda, seperti makan sayuran hijau dalam bentuk lanjaran mi yang kenyal. Benar saja, mi ini dibuat dengan tambahan jus sawi hijau.

Fika selaku pemilik usaha tersebut mengatakan, selain berbeda dari segi warna, penyajiannya pun berbeda. Perempuan ini mengklaim nggak pakai micin dan sedikit minyak. Dia pun memiliki cara sendiri untuk mengurangi minyak, Millens. Kuah yang telah dibumbui sebelumnya dituang ke mi sehingga nggak meracik bumbu di mangkuk.

Untuk yang bosan makan sayuran, mi ini bisa jadi pilihan. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

O ya, makan mi ayam akan tambah nikmat dengan pangsit. Uniknya, bahan dasar pangsit dicampur dengan daun jeruk. Jadi, terasa kriuk-kriuk dengan aroma daun jeruk yang ngena banget.

Nggak cuma itu, kamu juga bisa merasakan Es Rumput. Berisi rumput laut, kolang-kaling, buah-buahan segar seperti pepaya, nanas, nata de coco, agar-agar, dan disiram sirop merah buatan Fika sendiri, es ini harus kamu coba. Cocok diminum di tengah teriknya Semarang.

Pengunjung bernama Devinta saking sukanya pada Mi Ayam Rumput ini nggak segan memberikan nilai sepuluh untuk rasa. “Enak banget mi ayamnya, sepuluh untuk rasanya. Di sini juga rebutan, ada gorengan-gorengan juga tersedia. Saya suka pisang goreng,” katanya.

Lia, teman Devinta juga mengakui bumbu Mi Ayam Rumput enak dan kental. Terkait penilaian, Lia memberikan nilai 8,5 dari 10. Dia juga suka dengan pangsit yang disediakan.

Bagaimana, Millens? Tertarik untuk mencoba? Kuylah, ajak teman-temanmu juga ya! (Isma Swastiningrum/E05)

 

Mie Ayam Rumput Semarang

Jenis                     : warung makan

Alamat                  : Jl. Suyudono No. 44C, Barusari, Kota Semarang

Waktu Operasional : Setiap hari, 09.00-21.00 WIB

Harga makanan      : Rp 1.000-Rp 14.000

Harga minuman      : Rp 1.000-Rp 7.000