Kenangan Segar dan Uniknya Es Enting Gepuk di Tengah Panasnya Kota Semarang

Kenangan Segar dan Uniknya Es Enting Gepuk di Tengah Panasnya Kota Semarang
Es Enting Gepuk yang menjadi signature dish di Kedai Kopi Maju 57. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)

Physical distancing membuat saya teringat saat-saat indah mencicipi beragam makanan dan minuman segar, seperti ketika mencoba Es Enting Gepuk yang unik ini.

Inibaru.id - Semarang dari sejak saya datang nggak pernah berubah. Siangnya tetap cetar. Bikin haus berkepanjangan. Minum es siang-siang seperti menjadi ritual wajib. Namun, karena sedang menerapkan physical distancing, saya jadi agak malas keluar untuk sekadar beli es.

Karena cuma bisa membayangkan kesegaran es, saya jadi teringat segelas es nikmat waktu jalan-jalan ke Gor Tri Lomba Juang. Saya mampir ke sebuah kedai bercat merah putih. Namanya Kedai Kopi 57 (baca: maju).

Di lembaran menu tertulis varian minuman yang mereka miliki. Saya tertarik mencoba Es Enting Gepuk. Dari namanya saja sudah unik, saya yakin rasanya juga unik. Sebenarnya, saya pengin juga merasakan varian kopi tapi berhubung asam lambung sedang tinggi. Ya sudah, demi kebaikan hajat hidup saya, skip dulu deh!

Minuman yang saya pesan ini memiliki komposisi susu, sirop hazelnut, dan enting-enting. Nggak cuma jadi campuran minuman, makanan khas Salatiga ini juga menjadi topping. Eits, bukan sembarang enting-enting ya, Millens. Pemilik Kedai Kopi 57 sengaja bekerjasama dengan produsen enting-enting terkenal di sana. Namanya Enting-enting cap Klenteng & 2 Hoolo. Hm, pantas saja rasanya istimewa.

Oya, awalnya, saya pikir topping ini bakal langsung kelelep. Tapi rupanya masih bisa bertahan di permukaan beberapa menit.

Es Enting Gepuk ini dibanderol dengan harga Rp 15 ribu saja. Terjangkau banget kan?

FYI, menu ini memang menjadi signature dish di kedai yang baru beroperasi Oktober 2019 ini. Jadi, saya nggak salah pilih kan? Rasa kacangnya sangat kuat sehingga minuman ini gurih.

Nah, biar ritual minummu makin asyik, kamu bisa mengarahkan ujung bawah sedotan untuk mengisap topping yang masih di permukaan. Ini biar kamu bisa merasakan rasa original enting-enting ini.

Lalu, arahkan sedotan ke tengah gelas biar kamu bisa merasakan perpaduan semua bahan. Terakhir, kocok Es Enting Gepuk dan sedot dari dasar gelas. Tujuannya, biar butiran-butiran halus si enting-enting bisa ikutan kesedot sama kamu. He

Duh, kalau ingat begini jadi pengin balik lagi. Eh, kamu sudah pernah mampir Kedai Kopi 57 belum? (Julia Dewi Krismayani/E05)