Dari Kalkun Hingga Permen, Berikut Makanan Khas Natal dari Berbagai Negara

Dari Kalkun Hingga Permen, Berikut Makanan Khas Natal dari Berbagai Negara
Stollen Cake khas Jerman. (Wide Open Eats)

Yeay, Natal sebentar lagi! Selain ornamen dan lagu-lagu Natal, satu hal yang nggak boleh ketinggalan saat perayaan kelahiran Yesus Kristus itu yakni makanan khas Natal. Yuk, kenali makanan khas Natal dari berbagai negara!

Inibaru.id – We wish you a merry Christmast, We wish you a merry Christmast, and happy new year! Sejak awal Desember, lagu itu pasti diperdengarkan di televisi maupun radio. Nggak salah lagi, itu adalah cara untuk menyemarakkan dan menyambut Natal dan Tahun Baru.

Selain lagu Natal dan ornamen khas Natal yang menghiasi sejumlah tempat, umat Kristiani merayakan Natal dengan menyuguhkan hidangan khas. Hidangan itu pun berbeda-beda di setiap negara. Berikut berbagai macam makanan khas Natal dari berbagai penjuru dunia.

Kalkun Panggang dan Eggnog (Eropa)

Kalkun panggang khas Eropa. (Foody)

Kalau sering nonton film Hollywood bertema Natal, kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan Roasted Turkey atau kalkun panggang. Yap, kalkun panggang adalah makanan wajib saat Natal di Eropa. Dengan ukuran yang besar dan rasa rempah yang kental, kalkun panggang cocok dimakan bersama keluarga saat malam Natal

Stollen Cake (Jerman)

Stollen Cake khas Jerman. (Wide Open Eats)

Jerman memiliki hidangan khas Natal bernama Stollen Cake. Kue yang memiliki permukaan nggak rata ini terbuat dari adonan ragi yang dipadukan dengan buah kering, kacang, dan marzipan. Dengan taburan gula di atasnya, Stollen Cake terasa manis. Konon, kue ini sudah hadir pada momen Natal di Eropa sejak 1392 lo, Millens.

Sachertorte (Austria)

Sachertortre khas Austria. (Foodandwine)

Sachertortre kali pertama dibuat Franz Sacher untuk Pangeran Austria saat perayaan Natal pada 1832. Sejak saat itulah, Sachertortre terkenal. Sachertortre adalah roti cokelat spons yang dilapisi dengan selai aprikot kemudian dilumuri dark chocolate. Kue ini biasanya disajikan dengan whipped cream dan menjadi favorit masyarakat Austria saat Natal.

Figgy Pudding (Amerika Serikat)

Figgy Pudding khas Amerika Serikat. (NPR)

Figgy pudding adalah makanan Natal khas Amerika Serikat. Cukup unik, Figgy Pudding ini disajikan dengan cara dibakar setelah dilumuri alkohol di atasnya. Fyi, puding ini sudah menjadi makanan khas Natal sejak 1600-an, Millens.

Chicken Bones (Kanada)

Chicken Bones Candy khas Kanada. (Flickr)

Di Kanada, ada satu makanan khas Natal yang digemari anak-anak yakni Chicken Bones. Eits, Chicken Bones ini bukan tulang ayam ya, melainkan permen berbentuk memanjang yang di dalamnya berisi cokelat.

Kurisumasu Keiki (Jepang)

Kurisumasu Keiki khas Jepang. (Klikhotel)

Christmast Cake atau disebut Kurisumasu Keiku merupakan hidangan wajib yang selalu muncul saat perayaan Natal di Jepang. Idntimes (1/12/2017) menulis, kue ini menjadi makanan wajib saat Natal sejak 1910.

Feast of Seven Fishes (Italia)

Feast of Seven Fishes khas Italia. (Bon Appetit)

Di Italia, masyarakat akan menyambut Natal dengan Feast of Seven Fishes atau tujuh macam seafood. Menu Feast of Seven Fishes biasanya terdiri atas lobster,  sarden, ikan cod, cumi-cumi, gurita, udang, tiram, dan lain sejenisnya.

Wah, kelihatannya memang lezat dan cocok banget untuk dijadikan hidangan saat Natal ya, Millens. (IB18/E04)