Kenali 7 Tanda Kamu Sudah Konsumsi Kafein Terlalu Banyak

Kenali 7 Tanda Kamu Sudah Konsumsi Kafein Terlalu Banyak
Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein bisa berbahaya bagi tubuh, lo. (Pixabay)

Bagi banyak orang, kopi dan teh adalah minuman yang wajib ada saat bekerja, belajar, atau mengobrol. Hanya, jika dikonsumsi berlebihan, bisa menyebabkan dampak kurang baik bagi kondisi tubuh, lo.

Inibaru.id - Beberapa orang mengandalkan kopi dan teh sebagai sumber energi saat bekerja. Namun, mengonsumsi kopi dan teh terlalu banyak akan membuat kadar kafein meningkat di dalam tubuh. Ini bisa menimbulkan berbagai masalah bagi kesehatan seperti adiksi, tekanan darah tinggi, dan lain-lain. Lalu, bagaimana cara mendeteksi kalau kamu minum terlalu banyak kafein dalam sehari?

Berikut adalah tanda-tanda bahwa tubuh sudah terlalu banyak mengonsumsi kafein.

1. Jantung Berdebar-debar

Eits, bukan jantung berdebar karena cinta lo ya. (Pixabay)
Eits, bukan jantung berdebar karena cinta lo ya. (Pixabay)

Kafein merupakan stimulan alami bagi sistem saraf yang bisa meningkatkan detak jantungmu. Jika terlalu banyak mengonsumsinya, akan mengakibatkan palpitasi jantung atau jantung berdebar-debar. 

2. Hiperaktif

Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat membuatmu susah untuk tenang. (Pixabay)
Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat membuatmu susah untuk tenang. (Pixabay)

Kafein dapat memicu pelepasan hormon seperti adrenalin. Ini akan membuatmu gelisah, resah, dan nggak bisa diam atau hiperaktif. Kalau kamu sering mengetuk-ngetukkan kaki, memainkan jemari, atau bangkit dari kursi dan bergerak tanpa kamu mengerti alasannya, bisa jadi kamu sudah terlalu banyak mengonsumsi kafein.

3. Lebih Sering ke Toilet

Bisa boros tisu toilet kalau begini! (Pixabay)
Bisa boros tisu toilet kalau begini! (Pixabay)

Minuman berkafein umumnya bersifat diuretik. Artinya, minuman ini bisa membantu mengeluarkan cairan dalam jumlah berlebih dari dalam tubuh. Jadi, kamu bakal sering bolak-balik ke toilet. Ini memang nggak akan bikin tubuhmu dehidrasi. Tapi, kalau tanda ini sudah kamu alami, coba kurangi dulu asupan kafeinmu.

4. Perut Bermasalah

Hm, apa kamu nggak kasihan sama perutmu? (Pixabay)
Hm, apa kamu nggak kasihan sama perutmu? (Pixabay)

Minuman berkafein bersifat asam, sehingga dapat menstimulasi sistem pencernaan yang bikin perutmu mulas, mual, dan diare. Bahkan, dalam beberapa kasus, kafein yang berlebihan dapat memicu kram perut. Oleh karena itu, perempuan yang sedang dalam masa menstruasi disarankan untuk mengurangi konsumsi kopi.

5. Merasa Cemas dan Gelisah

Mau melepas stres malah tambah stres. (Pixabay)
Mau melepas stres malah tambah stres. (Pixabay)

Kafein dapat meningkatkan kewaspadaanmu sehingga kamu akan merasa cemas, gemetar, gugup, dan berpikir terlalu cepat. Jika kamu terlalu banyak mengonsumsinya, akan memperparah gejala gangguan kecemasan. Bahkan, secara nggak langsung, kamu juga akan mengalami peningkatan kadar stres!

6. Heartburn

  Gejala <i>heartburn </i>nggak ada hubungannya dengan jantung, meskipun namanya <i>heart</i>. (Freepik)  
  Gejala heartburn nggak ada hubungannya dengan jantung, meskipun namanya heart. (Freepik)  

Selain menimbulkan masalah pada pencernaan, sifat asam pada kopi bisa menimbulkan gejala heartburnHeartburn terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala ini ditandai dengan sensasi panas seperti terbakar di dalam dada setelah minum kopi. 

7. Kurang Tidur

Jam istirahatmu jadi kacau kalau seperti ini. (Unsplash)
Jam istirahatmu jadi kacau kalau seperti ini. (Unsplash)

Jika dikonsumsi di waktu yang dekat dengan waktu tidur, kafein akan membuat kita susah tidur. Kita pun akan mengalami masalah kurang tidur dan kurang berenergi saat bangun keesokan harinya. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk nggak lagi mengonsumsi minuman berkafein saat sore atau malam hari demi mencegah hal ini.

Berapa batas aman konsumsi kafein per hari?

Jangan berlebihan. Minum kopi atau teh secukupnya saja ya, <i>Millens</i>. (Pixabay)
Jangan berlebihan. Minum kopi atau teh secukupnya saja ya, Millens. (Pixabay)

Menurut Mayo Clinic, batas aman konsumsi kafein per hari adalah 400 mg untuk orang dewasa. Angka ini setara dengan empat cangkir kopi, sepuluh kaleng cola, atau dua minuman energi. Jumlahnya memang berbeda-beda karena kadar kafein di setiap minuman nggak bisa disamaratakan.

Batas konsumsi ini juga bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Apalagi bagi mereka yang sensitif terhadap kafein. Ada yang mengonsumsinya sedikit saja namun sudah cukup untuk memicu gelaja-gelaja di atas.

Supaya tubuh tetap bugar saat beraktivitas, mulai sekarang konsumsi minuman berkafein secukupnya saja ya, Millens. (IDN/MG27/E07)