Ada Tiongkok, India, dan Arab dalam Semangkuk Mi Aceh

Kelezatan mi aceh sungguh khas. Namanya mi yang dilengkapi irisan daging sapi, kambing, udang, dan cumi dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas ini kondang hingga ke luar negeri.

Ada Tiongkok, India, dan Arab dalam Semangkuk Mi Aceh
Sajian mie aceh dengan taburan bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis.(Kararuna.com/Ari Kurniawan)

Inibaru.id - Bulan Desember ini hujan hampir setiap hari turun. Musim hujan nan dingin ini cocoknya ditemani makanan yang hangat plus pedas. Para pencinta olahan mi wajib tahu makanan khas Aceh yang sudah terkenal sampai ke luar negeri ini.

Mi aceh namanya, tersedia dalam dua jenis olahan, yakni mie aceh goreng dan mie aceh kuah. Biasanya ditaburi bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis. Makanan pedas ini pasti cocok untuk mengobati kegalauan kamu. Paduan rasa pedasnya bersama dengan bumbu rempahnya sangat menggugah selera.

Baca juga:
Makan Sotonya, Gunting Sendiri Lauknya
Seblak Bandung, Pedasnya Euy...

Dalam satu porsi mi aceh muncul beragam rasa, mulai dari manis, asam, pedas, dan asin. Bumbu-bumbunya yang diracik dengan bahan cabai bermutu tinggi, bawang putih, kemiri, ketumbar, merica, jahe, dan rempah-rempah lainnya kemudian digiling halus sehingga berwarna merah. Nggak kebayang aroma masakan dengan bumbu gini, kan?.

Mi aceh sudah jadi bagian penting dalam perjalanan kuliner di Nusantara, lo. Sobat Millens kalau berkunjung ke tanah Serambi Makkah wajib mencicipi makanan ini. Rasa lezatnya nggak bikin heran sih kalau jadi kondang sampai ke luar negeri.

Nah, mi aceh ini nggak hanya lezat, tetapi juga ada sisi sejarahnya. Makanan ini menunjukkan sejarah budaya masyarakat Aceh, yakni pengaruh bangsa asing yang datang ke wilayah Aceh seperti budaya makan mi yang merupakan pengaruh Tiongkok, kuah sup dengan rasa kari pedas yang dipengaruhi oleh India, dan penggunaan daging kambing atau sapi menunjukkan pengaruh kebiasaan makan orang Arab yang membawa ajaran Islam ke Aceh.

Baca juga:
Gurih dan Manis Si Tahu Petis
Mbok Dele Jual Soto dan Jual Kenangan

Sobat Millens pencinta olahan mi, nggak ada salahnya mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang cukup mudah dicari dan ditemukan. Mi aceh buatan kamu bisa jadi menu baru favorit keluarga. (LAM/SA)