Kelezatan Sate Klatak yang Diskon Selama Ramadan

Di Semarang, Jawa Tengah ada Waroeng Sate Klatak yang menjual sate daging kambing. Eits, tetapi sate klatak ini berbeda dari biasanya, lo. Apa saja keistimewaan cita rasanya?

Kelezatan Sate Klatak yang Diskon Selama Ramadan
Sate klatak. (Kompas.com)

Inibaru.id – Sate Klatak selama ini dikenal sebagai satai kambing dari Yogyakarta, tepatnya Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Dengan bumbu kaya rempah yang sedap, satai yang dikenal dengan daging empuknya itu kini ada di Semarang, Jawa Tengah dengan nama Waroeng Sate Klatak . Bahkan, selama Ramadan, kedai satai yang berada di Jalan Brigjen Katamso No 30 itu lagi menggelar diskon, lo!

Pemiliknya, Nur Hasan (35) membawa sate klatak dari Yogyakarta. Untuk menjamin kualitas daging, Hasan menggunakan daging kambing muda  yang berusia maksimal lima bulan. Cara memasak satai ini juga unik banget, Millens

Ketika dibakar, daging kambing dibungkus dengan daun pisang. Ini membuat aroma satainya begitu khas dan sedap. Selain itu, mereka juga menggunakan tusuk satai yang terbuat dari besi aluminium. Panas yang tersalur dari besi membuat daging bagian dalam ikut matang. Tusuk satainya juga bisa digunakan berkali-kali.

Ketika sudah matang, daging kambing pun diguyur dengan bumbu klatak, yakni campuran bumbu yang menyerupai kuah gulai. Kalau mau bumbu lain, kamu bisa memilih bumbu kecap. Semua bumbu ini dijamin bakal memanjakan lidahmu karena dibuat dari bawang putih, merica, kayu manis, daun salam, dan garam.

Sate bumbu kecap. (Viva.co.id)

Harganya? Terjangkau, kok, Millens. Untuk memperoleh seporsi sate klatak dan segelas es teh atau teh hangat, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 35 ribu per porsi. Eits, tetapi selama promo bulan Ramadan, seporsi satai itu cukup kamu tebus dengan harga Rp 25 ribu, seperti ditulis Tribunnews.com (28/5/2018).

Warung ini nggak hanya menjual sate klatak, lo. Kalau mau mengincipi menu lain, kamu bisa membeli gulai, tengkleng, tongseng, atau nasi goreng kambing. Menggoda semua, ya?

Nah, jadi kapan mau mencoba sate klatak ini? Mumpung diskon, lo! He-he. (IB08/E03)