Ke Yogyakarta? Cobain Brongkos di 4 Warung Ini!

Selain gudeg, satai kere, dan satai klatak, saat berkunjung ke Yogyakarta kamu juga harus mencoba kuliner brongkos. Salah satu kuliner kesukaan Sri Sultan Hamengkubuwono X ini dikenal gurih dan sedap lo!

Ke Yogyakarta? Cobain Brongkos di 4 Warung Ini!
Ilustrasi seporsi brongkos. (Instagram.com/janganlupamakan)

Inibaru.id – Nggak hanya kaya budaya dan lokawisata, Yogyakarta juga punya beragam pilihan kuliner sedap. Selain gudeg, satai kere, dan satai klathak, kuliner apa lagi yang bisa kamu santap kala menyambangi Kota Pelajar itu?

Brongkos, salah satu makanan kesukaan Sri Sultan Hamengkubuwono X ini bisa jadi pilihanmu. Nah, di mana saja kamu bisa menemukan warung brongkos di Yogyakarta ya?

Brongkos Handayani

Seporsi brongkos di Warung Handayani. (Njogja)

Kalau kamu sedang berada di sekitar Alun-alun Selatan Yogyakarta, kamu bisa menuju ke Warung Brongkos Handayani. Warung yang buka mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB ini berada di Jalan Gading nomor 2, hanya sepelemparan batu saja dari Alun-alun Selatan.

Warung Brongkos Handayani menyajikan seporsi brongkos dengan tambahan tahu dan tempe yang gurih, Millens. Fyi, biasanya warung ini dipadati pengunjung pada pagi hari.

Brongkos Bu Rini

Seporsi brongkos di Warung Bu Rini. (Instagram.com/injogjafood)

Lokasinya berada di Kampung Taman, Kelurahan Patehan, Kraton. Warung yang buka sejak 1973 ini juga dikenal dengan nama Warung Brongkos Bu Repan.

Selain kacang tolo, tahu, dan koyor, kamu juga bisa meminta tambahan telur dalam seporsi brongkos. Rasanya? Hm, dijamin sedap!

Brongkos Warung Ijo Bu Padmo

Seporsi brongkos di Warung Ijo Bu Padmo. (Instagram.com/julianamagdalenabinti)

Menuju ke utara Yogyakarta, di sana kamu bisa menemukan satu warung brongkos legendaris. Warung yang berdiri sejak 1950 itu bernama Warung Ijo Bu Padmo.

Lokasinya berada nggak jauh dari Pasar Tempel Sleman. Di warung ini, kamu bisa mendapat irisan daging sapi dan kacang tolo yang melimpah dalam seporsi brongkosmu lo.

Brongkos Mbak Prih

Seporsi brongkos di Warung Mbak Prih. (Instagram.com/Endah_abisoed)

Masih berada di wilayah utara Yogyakarta, ada Warung Brongkos Mbak Prih nih. Warung ini tepatnya berada di Jalan Yogya-Magelang kilometer 17, Tempel, Sleman. Warung tersebut nggak pernah sepi akan pembeli lo. Terang saja, kelezatannya sudah dikenal seantero Yogyakarta sih!

Setelah mengetahui empat rekomendasi warung brongkos lezat di Yogyakarta itu, kamu nggak bakal bingung lagi kan untuk menentukan tempat kuliner? Nah, jangan lupa mampir kalau ke sana ya! (IB10/E03)