Ke Tegal, Rugi Jika Melewatkan Kuliner Ini

Ke Tegal, Rugi Jika Melewatkan Kuliner Ini
Satai batibul. (ditegal.com)

Berburu kuliner khas Tegal pasti nggak akan ada habisnya. Baik siang ataupun malam, selalu ada pilihan makanan yang siap menggoyang lidah kita.

Inibaru.id - Mungkin, kita sudah hafal dengan cita rasa masyarakat Tegal lewat Warung Tegal (Warteg) yang tersebar di mana-mana. Tapi, bukan berarti kuliner dari Tegal hanya yang terpampang di Warteg. Masih ada beberapa makanan lezat dari Tegal yang wajib kamu cicipi. Apa saja itu?

Kupat Glabed

Ku[at Glabed. (wisnuwidiarta.wordpress.com)

Kupat Glabed merupakan ketupat yang disiram dengan kuah “glabed”, kental dalam istilah orang Tegal, yang kaya akan rempah alami. Nggak ketinggalan pada sepiring kupat glabed ada irisan bawang goreng dan kerupuk mie kuning remas. Uh, menggiurkan! Makanan ini bisa kamu temukan berjajar di sekitar alun-alun.

Soto Tauco

Sauto. (teen.co.id)

Soto tauco adalah soto yang kuahnya berwarna coklat karena dicampuri tauco. Biasa disebut Sauto, kuliner ini biasanya mengunakan babat dan daging ayam. Seperti makanan khas Tegal lainnya, soto tauco banyak dijajakan di alun-alun.     

Sate Kambing Balibul dan Batibul

Satai "balibul" Tegal. (parpora.tegalkab.go.id)

“Balibul” adalah singkatan dari bawah lima bulan, sedangkan “batibul” singkatan dari bawah tiga bulan. Seperti namanya, satai khas Tegal ini memang menggunakan daging kambing muda. Semakin muda usia kambing, tekstur satai jadi semakin empuk.

Di Tegal, kamu bisa dengan mudah mendapati satai kambing yang nggak mengecewakan karena menggunakan kambing balibul dan batibul. Mm, enak sih, tapi ada sedikit rasa kasihan, sih!

Olos

Olos Tegal (diahdidi.com)

Olos adalah jajanan berupa gorengan berbentuk bulat yang terbuat dari tepung kanji dengan isian sayuran dan cabai rawit. Hm, terbayang, kan, betapa serunya makan olos karena pedasnya selalu bikin nagih?

Nah, sekarang ini, kamu juga bisa membeli olos dengan isi yang beragam, mulai sosis, ayam, hingga keju.

Tahu Aci

Tahu aci. (jadimandiri.org)

Tahu aci terbuat dari tahu kuning berbentuk persegi empat yang kemudian dibelah dua secara melintang, diberi adonan dari tepung kanji, potongan daun kucai, dan bumbu. Konon, tahu kuning itu hanya diproduksi di Kota Tegal saja.

Wah, wah, ngiler jadinya kalau membahas soal kuliner Tegal. Sobat Millens, jika kamu datang ke kota yang juga terkenal dengan teh pocinya ini, jangan lupa icip-icip salah satu kuliner tadi, ya! (IB20/E03)