Karak, Makanan Desa Cita Rasa Kota

Kuliner Indonesia memang beragam, ada ribuan bahkan jutaan jenis, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Tak heran, jika tiap saat muncul makanan-makanan unik hasil cipta para ibu rumah tangga yang pandai mengolah bahan seadanya. Soal rasa, jangan tanyakan lagi karena rasanya khas itu bakal bisa membuat lidah bergoyang dan kepincut buat menyantapnya lagi.

Karak, Makanan Desa Cita Rasa Kota
kerupuk karak merupakan makanan ringan yang di gemari banyak orang. (Foto: google)

Inibaru.id - Kuliner Indonesia memang beragam, ada ribuan bahkan jutaan jenis, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Tak heran, jika tiap saat muncul makanan-makanan unik hasil cipta para ibu rumah tangga yang pandai mengolah bahan seadanya. Soal rasa, jangan tanyakan lagi karena rasanya khas itu bakal bisa membuat lidah bergoyang dan kepincut buat menyantapnya lagi.

Di Indonesia terdapat makanan ringan yang selalu menjadi teman setia saat para warga sedang bertamu, menonton tv, atau teman saat melamun. Bahkan makanan ini menjadi favorit berbagai kalangan. Yap, masyarakat di Indonesia kebanyakan di Jawa pasti tak lagi asing dengan makanan gurih yang satu ini. Karak. Anda familiar dengan camilan kerupuk gurih itu, bukan?  Nah, tapi seperti apa saja sih fakta tentang karak, simak pada artikel berikut yaa.

Bukan Sekedar Nasi Biasa

Karak terbuat dari nasi yang dikeringkan oleh panas matahari. Nasi yang digunakan juga bukan sekedar nasi, karena merupakan nasi sisa yang menurut kebiasaan orang-orang digunakan makan ayam atau dibuang. Jika kalian memiliki nasi sisa yang tak akan dikonsumsi lagi, jangan dibuang ya karena bisa dimanfaatkan untuk dibuat karak.

Tak Butuh Waktu Lama

Proses pembuatan karak yang sangat gampang, akan membuat Anda ingin mencoba membuatnya. Yup, hanya bermodalkan wadah sebagai tempat mengeringkan nasi sehingga kering sempurna. Jika cuaca sedang panas, maka tak butuh waktu lama untuk mendapatkan bahan nasi keringnya.

Goreng hingga Kuning Kecoklatan

Setelah melalui proses pengeringan atau menjadi nasi aking, tibalah saatnya untuk menggoreng karak dengan minyak panas. Goreng ke dalam minyak panas yang telah tertuang ke dalam wajan. Setelah berwarna kuning kecoklatan angkat lalu tiriskan ke dalam wadah untuk memisahkan sisa minyak yang ada.

Cukup Garam sebagai Bumbu

Setelah karak digoreng dan ditiriskan ke dalam wadah, kalian hanya cukup menambahkan garam sesuai selera untuk mendapatkan rasa asin. Ingat ya, garamnya secukupnya, jangan sampai keasinan!

Sensasi Manis, Asem dan Asin Bikin Ketagihan

Jika kalian menginginkan rasa lain, cukup tambahkan bubuk cabe ke dalam wadah, lalu kocok- kocok hingga bumbu merata sempurna ke setiap bagian karak, bisa juga menambahkan bumbu balado, jagung manis, atau yang lain sesuai selera.

Karak Murah Meriah

Banyak yang beranggapan bahwa karak adalah makanan desa yang tak layak konsumsi karena berasal dari nasi yang hampir basi. Jika kalian sudah mencicipi rasa gurih dan sedapnya maka anggapan itu hanya sekedar angin lalu. Tak perlu belanja apapun, karena bahan yang digunakan adalah bahan rumahan.

Kerupuk Karak Bawang

Karak juga bisa diolah menjadi kerupuk, dengan memipih-mipihkan nasi sebelum dijemur. Jangan lupa memberikan bawang dan garam yang dihalusnya sebagai bumbu sebelum nasi dijemur.

Bagaimana? Tertarik dengan rasanya bukan? Anda bisa langsung mencoba membuat karak esok pagi, saat nasi hari ini tak habis untuk dimakan. Selamat mencoba! (HH/IB)