Jintan, Si Hitam Kaya Manfaat

Jintan, Si Hitam Kaya Manfaat
Jintan hitam berfungsi menjaga lambung. (Pengobatantradisional)

Jintan hitam merupakan salah satu rempah dengan harga termahal. Rempah ini nggak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masak, namun juga obat. Apa saja fungsinya?

Inibaru.id – Hitam dan berharga mahal, mungkin, sebutan “emas hitam” memang tepat disematkan untuk jintan hitam. Rempah ini merupakan salah satu rempah dengan harga jual tertinggi. Di dapur, jintan hitam digunakan pula untuk menimbulkan efek hangat pada masakan.

Lepas dari fungsinya di dapur, jintan hitam juga memiliki beberapa manfaat. Di dalam di hitam ini terkandung nutrisi seperti asam amino, saponin, minyak atsiri, kalsium, natrium, dan lain-lain. Hm, apa saja sih fungsinya?

https://deltomed.id/uploads/posts/jinten-hitam.jpg

Jintan mengandung saponin. (Deltomed)

Saponin berfungsi untuk menangkal racun dalam darah dan tubuh. Ini berarti saponin menjaga pula sistem kerja sekaligus fungsi organ tubuh.

Sementara, kandungan minyak atsiri di dalam jintan hitam membantu memperbaiki gangguan pencernaan. Gas dalam perut yang kembung bisa berkurang dengan menggunakan jintan hitam. Selain itu, jintan diyakini pula melindungi bakteri dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Dengan segala kebaikannya, jintan hitam memang sebaiknya menjadi salah satu rempah yang bisa kamu konsumsi secara rutin.

Hm, sudahkah rempah ini ada di dapurmu? Yuk, masak makanan yang mengandung jintan hitam untuk buka puasa. (IB15/E03)