Jenis Kopi Ini Ternyata Aman Untuk Lambung, Loh!

Jenis Kopi Ini Ternyata Aman Untuk Lambung, Loh!
Ilustrasi kopi (Shutterstock)

Kamu nggak berani minum kopi karena memiliki gangguan lambung? Nggak perlu khawatir, ada kopi yang aman buat lambungmu, kok. Berikut adalah kopi tersebut.

Inibaru.id – Menikmati secangkir kopi dengan pilihan biji terbaik menjadi hal yang menyenangkan bagi para penggemarnya. Sayangnya, nggak semua orang bisa mengonsumsinya, apalagi yang memiliki masalah pada lambung. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein dan sifat asam kopi yang bisa membuat asam lambung naik.

Kopi bisa membuat produksi asam lambung meningkat. Dampaknya bisa memicu iritasi perut, memperburuk gangguan usus, dan menyebabkan perut mulas. Terlalu banyak minum kopi juga terbukti bisa membuat gelisah, jantung berdebar-debar, atau bahkan serangan panik. Beberapa orang juga melaporkan sensasi sakit kepala setelah meminumnya.

Namun, taukah kamu kalau ada jenis kopi yang aman diminum untuk lambung?

Bila kamu terbiasa meminum kopi, pastinya sudah tahu jenis kopi Arabika. Jenis kopi ini dinilai aman untuk lambung karena kadar kafein di dalamnya lebih rendah. Meski begitu, kamu juga nggak disarankan mengonsumsinya lebih dari dua cangkir sehari atau tiga shoot espresso.

Sebagai informasi, semakin lama proses pemanggangan biji kopi, semakin tinggi kandungan kafein di dalamnya. Sifatnya juga cenderung semakin asam. Hal ini membuat kandungan kafein di kopi Robusta lebih tinggi dibandingkan dengan kopi Arabika. Kopi Robusta memiliki 2,2 persen kafein, sementara kopi arabika hanya 1 persen saja.

Kopi Arabika aman bagi penderita masalah lambung (twitter.com/kopiombak)
Kopi Arabika aman bagi penderita masalah lambung (twitter.com/kopiombak)

Namun, ada penelitian lain yang menyebutkan bahwa kopi Robusta aman diminum bagi yang memiliki riwayat penyakit lambung. Meski begitu, kalau kamu sering mengalami masalah asam lambung tinggi, sebaiknya minum kopi tanpa kafein atau Decaf saja.

Kalau kamu nggak memiliki masalah dengan kopi, sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsinya. Jika dikonsumsi berlebihan, bisa menyebabkan efek samping seperti tekanan darah naik, insomnia, dehidrasi, atau bahkan kenaikan risiko asam urat. Pastikan untuk membatasinya maksimal empat cangkir setiap hari.

Jadi, sudah tahu kan kopi apa yang aman bagi lambung, Millens? Meski aman, jangan meminumnya berlebihan, ya? (Det/MG31/E07)