Jasuke, Takjil Bergizi yang Murah dan Mudah Membuatnya

Menjadi salah satu jajanan hit, jasuke cocok disajikan sebagai camilan menu berbuka puasa. Selain bergisi, makanan ini juga termasuk mudah membuatnya.

Jasuke, Takjil Bergizi yang Murah dan Mudah Membuatnya
Jagung susu keju (resepkoki.id)

Inibaru.id - Sobat Millens sudah ada ide menu takjil untuk berbuka puasa belum? Kalau belum, kamu bisa mencoba jasuke. Jasuke adalah kependekan dari jagung, susu, dan keju. Jasuke adalah hidangan kekinian asal Jawa Barat yang lagi ngehit dan sudah menyebar ke seluruh Indonesia. Dikatakan kekinian karena penyajian jagungnya dimodifikasi sehingga lebih enak disantap.

untuk menemukan camilan yang satu ini juga cukup mudah. Melansir dari resephariini.com, jasuke banyak dijual di tempat-tempat tertentu, mulai dari pasar malam, depan sekolahan, hingga juga di sekitar mal atau minimarket. Penjualnya pun beraneka ragam, mulai dari berdagang keliling hingga yang mukim di suatu tempat.

Soal rasa? Memiliki aroma susu yang khas dan sangat menggoda, jasuke memiliki cita rasa yang manis gurih saat disantap. Selain itu, jasuke juga tentunya bergizi karena bahan utamanya adalah jagung yang dicampur susu dan keju. Saat ini jasuke bahkan telah divariasikan dengan rasa balado, barbeque, pedas manis, cokelat, sapi panggang, asin hingga rasa jagung bakar. 

Harga seporsi jasuke juga terjangkau. Biasa disajikan dalam cup, kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 3 ribu-Rp 7 ribu per porsi jasuke. Cukup murah, bukan?

Mengutip detik.com (16/12/2016), untuk membuat jasuke, kamu hanya perlu menyiapkan jagung manis dan sejumlah bahan minimalis lain. Pilihlah jagung manis yang tua berikut kulitnya supaya jagung tetap segar. Selain jagung manis, siapkan juga susu kental manis putih, keju parut, dan margarin.

Nah, setelah semua bahan siap, kupas jagung lalu sisir jagung hingga terlepas bijinya. Rebus jagung dalam panci yang berisi air mendidih. Setelah jagungnya lunak, angkat dan tiriskan. Selagi masih panas, campur jagung manis dengan mentega dan susu kental manis. Aduk-aduk hingga mentega leleh dan menyatu dengan biji jagung.  Kemudian, masukkan campuran jagung manis ke dalam wadah dan taburi dengan keju parut.

Oya, kalau kamu mau, bisa juga kamu menambahkan jasuke dengan cokelat meises atau jika ingin membuat jasuke pedas bisa ditambahkan saus sambal sesuai selera. Sedangkan jika ingin lebih renyah, kamu bisa menambahkan taburan keju parutnya, kemudian panggang dalam oven panas 180 derajat Celsius selama 15 menit. Angkat dan sajikan selagi hangat. 

Gimana, Millens, siap bikin jasuke untuk takjilmu hari ini? (IB05/E03)