Jantung Pisang Apa sih yang Paling Enak?

Jantung Pisang Apa sih yang Paling Enak?
Jantung pisang yang dipakai untuk membuat sgo sambel ontong santan. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Selain buahnya, jantung pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan. Namun, nggak semua jantung pisang enak untuk dimasak, Millens. Berikut jenis-jenis jantung pisang yang enak untuk dimakan.

Inibaru.id – Kalau buah pisang bisa langsung dimakan tanpa dimasak, hal berbeda dengan jantung pisang. Bagian yang jarang dijamah orang ini sebenarnya juga enak dimakan tapi harus dimasak dulu. Namun, apa semua jantung pisang enak dimakan?

Sebagaimana buah pisang yang nggak semuanya enak dimakan, jantung pisang pun demikian. Elok Zubaidah, salah seorang penjual makanan olahan jantung pisang di Kudus mengatakan, ada beberapa jenis pisang yang jantung atau ontongnya enak dimakan.

“Jenis ontongnya itu pisang tertentu. Kalau semua pisang itu nggak bisa, (karena) ada yang pahit ,” kata perempuan yang menjual sego sambel ontong santan ini.

Elok menambahkan, jenis jantung pisang yang paling lezat dimakan di antaranya pisang klutuk, pisang sobo, dan pisang pipit. Tiga jenis jantung pisang itu jadi favorit para penikmat kuliner. Namun, yang paling enak menurut Elok tetaplah pisang klutuk.

Eits, tapi nggak serta merta jantung pisang itu langsung dimasak, ya, Millens. Kamu harus mengelupas lapisan-lapisan luar sampai menemukan jantung inti yang berwarna putih. Barulah jantung itu diolah.

Salah satu olahan jantung pisang yakni sego sambel ontong santan yang merupakan makanan khas Kudus. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Ada beberapa sajian yang bisa kamu buat dari bahan jantung pisang tersebut. Di Kudus, jantung pisang diubah menjadi makanan lezat yang bernama sego sambel ontong santan. Jantung pisang itu dipadupadankan dengan sambal dan santan sehingga menghasilkan rasa yang mantap.

Selain itu, ada pula sejumlah masakan lain yang berbahan dasar jantung pisang.

“Kalau (jantung pisang) dibikin rujak itu enak. Disayur lodeh itu juga enak,” imbuh Elok.

Nah, jika kamu punya pohon pisang di rumah, bisa banget tuh mengolah jantung pisangnya. Namun, pastikan dulu apakah jenis pisang itu enak atau tidak. Kalau enak, langsung tancap gas dimasak aja deh! (Ida Fitriyah/E05)