Lima Kuliner Legendaris Ini Perlu Dicoba Saat Berkunjung ke Grobogan

Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah punya banyak kuliner legendaris seperti bakmi jawa, gulai kambing, asem-asem, atau nasi rames. Berikut lima kuliner legendaris yang bakal sayang banget dilewatkan bila kamu berkunjung ke Grobogan.

Lima Kuliner Legendaris Ini Perlu Dicoba Saat Berkunjung ke Grobogan
Gulai kambing, salah satu kuliner lezat khas Kabupaten Grobogan (Cet)

Inibaru.id – Rugi rasanya jika sedang berkunjung ke suatu daerah tapi nggak wisata kuliner. Hal yang sama juga berlaku saat kamu berkunjung ke Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Nggak cuma dikenal dengan wisata alamnya, Grobogan juga kaya akan kuliner.

Berikut adalah beberapa tempat makan di Grobogan yang sebaiknya kamu kunjungi kala di Grobogan.

  1. Bakmi Mbah Nggolo

Bakmi jawa di Warung Makan Mbah Nggolo, Grobogan. (Blogger Grobogan)

Warung makan Bakmi Jawa Mbah Nggolo sudah berdiri sejak 1967 dan tetap eksis hingga sekarang. Kebayang kan pasti tempat makan ini sangat legendaris karena sudah ada sejak puluhan tahun silam. Kendati sudah dipegang generasi ketiga, cita rasa Bakmi Jawa Mbah Nggolo tetap dianggap sebagai yang terbaik di Grobogan. Di warung itu, kamu bisa memilih bakmi jawa versi goreng atau versi rebus. Dua-duanya nggak kalah enaknya kok.

Warung Makan Mbah Nggolo berlokasi di kompleks bekas Stasiun Wirosari, tepatnya di timur perempatan Kecamatan Wirosari.

  1. Gulai Kambing Mbah Rono

Gulai Kambing Mbah Rono, Grobogan. (Jateng Nyamleng)

Gulai Kambing Mbah Rono sudah berdiri sejak 1950-an dan kini sudah dikelola generasi ketiga. Kendati begitu, resep asli warisan Mbah Rono tetap terasa saat kamu menikmati gulai kambingnya. Gulai buatan warung ini terasa gurih dan lembut.

Kamu bisa menemukan Gulai Kambing Mbah Rono di Jl. Pangeran Puger, tepatnya di selatan Kantor Polsek Grobogan.

  1. Ayam Bakar Noroyono

Ayam Bakar Noroyono, Grobogan. (Garnesia)

Ayam bakar di Warung Makan Noroyono sangat terkenal di Grobogan. Nggak cuma ayam bakar, di warung ini, kamu juga bisa menikmati ayam goreng yang sama lezatnya.

Warung makan ini didirikan Pak Jamin sejak 1989 lalu, Millens. Kamu bisa menemukan warung ini di Jln R Soeprapto, Purwodadi atau di bagian utara Simpang Lima Kota Purwodadi. Ayam Bakar dan Goreng Noroyono juga membuka cabang di Kecamatan Wirosari dan Tinanding, Kecamatan Godong.

  1. Asem-Asem RM Langsung

Asem-asem di RM Langsung. (Jateng Nyamleng)

Sebagian besar warung makan di Purwodadi atau Grobogan menyediakan menu asem-asem daging, tapi yang paling istimewa adalah asem-asem Warung Makan Langsung. Warung ini berlokasi di kompleks Pondok Makan Mandiri, Jl. S Parman, Purwodadi, Grobogan. Sejak berdiri pada tahun 1950, RM Langsung memang sudah dikenal dengan menu asem-asem yang nggak ada duanya.

  1. Nasi Rames Daging Sapi Pak Pangat

Nasi daging sapi Pak Pangat, Grobogan. (Jateng Nyamleng)

Nasi rames adalah menu yang paling umum ditemui di warung-warung makan seluruh Indonesia. Namun, nasi rames daging sapi yang disediakan di Warung Pak Pangat, Kecamatan Gubug, Grobogan, sudah sangat melegenda kenikmatannya. Untuk mendapatkannya, kamu hanya perlu berkunjung ke warung yang berlokasi di seberang klenteng Kecamatan Gubug.

Kalau main ke Grobogan, jangan sampai melewatkan kuliner-kuliner khas Grobogan yang super lezat ini, ya Millens (IB09/E04)