Jangan Keliru, Ini 4 Perbedaan Gula Jawa dan Gula Aren!

Jangan Keliru, Ini 4 Perbedaan Gula Jawa dan Gula Aren!
Gula aren biasanya lebih pekat ketimbang gula jawa. (Goodnewsfromindonesia)

Kamu masih bingung membedakan gula jawa dan gula aren? Meski hampir sama, keduanya ternyata punya perbedaann mendasar lo. Apa saja?

Inibaru.id – Salah satu pemanis atau bumbu masak yang nggak kalah populer ketimbang gula pasir adalah gula jawa dan gula aren. Gula jawa disebut juga dengan gula merah, sedangkan gula aren disebut juga dengan gula nira. Kendati tampak mirip, gula jawa dan gula aren punya perbedaan.

Salah satu dari kedua gula yang umumnya berwarna merah kecokelatan ini bahkan dihargai lebih mahal. Nah, untuk kamu yang suka masak dengan gula ini, wajib banget tahu perbedaannya ya!

Berbeda Bahan Baku

Pohon nira. (pedoman bengkulu)
Pohon nira. (pedoman bengkulu)

Baik gula aren dan gula jawa sama-sama terbuat dari nira atau legen, yaitu cairan manis yang keluar dari tandan bunga. Bedanya, gula jawa berasal dari nira pohon kelapa, sedangkan gula aren berasal dari nira pohon aren.

Nira-nira tersebut sama-sama diperoleh dengan cara menyadap pohon, lalu menampungnya dalam suatu wadah. Kemudian, cairan nira itu dimasak di atas bara api hingga mengental.

Berbeda Tekstur dan Warna

Gula Aren. (Blancoparmandif)
Gula Aren. (Blancoparmandif)

Untuk membedakan gula aren dan gula jawa, orang biasanya mengidentifikasinya berdasarkan bentuk dan warnanya. Gula jawa biaasanya berbentuk silinder dengan tektur yang padat, sedangkan gula aren punya bentuk cembung layaknya batok kelapa dan bertekstur getas dan masir.

Selain itu, gula jawa disebut gula merah karena warnanya yang kemerahan hingga cokelat muda. Warnanya jauh lebih terang ketimbang gula aren yang cenderung berwarna cokelat gelap.

Rasa yang Mirip, tapi Beda Aroma

Kendati berbeda warna, rasa gula aren dengan gula jawa hampir sama. (Goodnewsfromindonesia)
Kendati berbeda warna, rasa gula aren dengan gula jawa hampir sama. (Goodnewsfromindonesia)

Soal rasa, gula jawa dan gula aren hampir sulit dibedakan. Namun, kendati nyaris sama, rasa gula aren lebih legit dari gula jawa. Kamu juga bisa membedakannya dengan cara mencium aroma keduanya. Gula aren punya aroma khas yang lebih kuat dari gula jawa, Millens!

Berbeda Kegunaan

Gula aren cocok digunakan sebagai pemanis minuman. (MSN.com)
Gula aren cocok digunakan sebagai pemanis minuman. (MSN.com)

Karena punya rasa dan aroma yang berbeda, keduanya punya kegunaan yang berbeda pula. Gula jawa sering ditambahkan dalam makanan karena nggak mampu mengubah aroma asli makanan. Sementara, gula aren yang punya aroma khas lebih sering digunakan sebagai campuran minuman agar lebih sedap.

Baik gula jawa dan gula aren disebut murni jika nggak diberikan tambahan apa pun. Jadi, jenis gula mana yang jadi favoritmu nih, Millens? (Hip/IB27/E03)