Jalan Panjang Pasta Sampai Bisa Menjadi Makanan Khas Orang Italia

Jalan Panjang Pasta Sampai Bisa Menjadi Makanan Khas Orang Italia
Menikmati pasta. (Greatfood)

Pasta sangat erat dengan Italia. Tapi jauh sebelumnya, banyak yang bilang pasta berasal dari Tiongkok dan Arab. Bagaimana sih cerita sebenaarnya?

Inibaru.id - Seringkali, iklan di televisi atau gambar produk pasta mengaitkan pasta dengan Negara Italia. Nggak heran kalau banyak yang menyangka bahwa pasta adalah makanan asli orang Italia. Bahkan sudah terkenal bahwa negara spageti (salah satu jenis pasta), ya Italia.

Hm, pasta memang menjadi makanan andalan orang Italia sejak abad pertengahan hingga sekarang. Di sana ada ratusan bentuk pasta dan bermacam jenis saus. Jadi, fix kalau Italia adalah negara yang terkenal akan olahan bahan makanan yang terbuat dari gandum ini.

Membuat pelbagai macam pasta. (Foodandwine)

Lalu bagaimana ceritanya pasta bisa melekat kuat pada warga Italia, ya? Beberapa tulisan menyatakan, keberadaan pasta di Italia nggak lepas dari peran Marco Polo, si penjelajah asal Venesia, Italia.

Sebuah artikel berjudul “A Saga og Catai” (1929) menceritakan bahwa seorang pelaut Italia bertemu dengan seorang gadis Tiongkok sedang membuat mie. Saat merasakan kelezatan mie, sang pelaut itu menunjukkan kepada Marco Polo.

Lantas Marco Polo menamai hidangan mie itu dengan “spageti” yang dalam bahasa Italia berarti “mie kering yang tipis”.

Spageti, pasta berbentuk mi panjang yang tipis. (Thespruceeats)

Di versi lain mencatat, pasta sudah ada sebelum muncul di Italia. Catatan dari tahun 1154 menyatakan, tentara Sisilia di Mediterania pada abad ke-13 membawa pasta sebagai ransum makanan mereka. Ah, lantas bagaimana asal-usul pasta sebenarnya?

Ada catatan yang menulis bahwa pasta yang terbuat dari lembaran adonan mie kering sudah ada sejak abad ke-5, dibawa oleh pedagang Arab. Ketika orang Arab dari Libya menginvasi Sisilia pada abad ke-7, mereka membawa gandum, bahan pembuat pasta. Pada saat itulah diyakini pasta dibuat kali pertama di Sisilia, Italia.

Berbagai macam bentuk pasta. (Thedailymeal)

Anggapan soal ini makin menguat karena pada abad ke-12 diceritakan orang Arab memperkenalkan teknik mengeringkan pasta yang mereka pakai ketika berlayar menuju Sisilia. Pada abad ke -15, pasta mulai merebak di pesisir Italia.

Nah, itulah kisah dari pasta, makanan lezat nan mengenyangkan yang biasa kita santap di kafe bersama teman satu geng. Rupanya sejarah pasta nggak semudah saat melahapnya sampai tandas ya, Millens? Ha-ha-ha. (IB20/E05)