Camilan Ringan Itu Disebut Kacang Bogares

Ini bukan sembarang kacang. Namanya Kacang bogares dari Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Salah satu keistimewaan kacang ini adalah proses memasaknya dengan disangrai. Sehat untuk camilan ringan.

Camilan Ringan Itu Disebut Kacang Bogares
Kacang Bogares (wisatahore.com)

Inibaru.id- Kamu sedang berlibur di Kabupaten Tegal dan mau beli oleh-oleh? Ada satu oleh-oleh khas Tegal yang bisa kamu masukkan ke daftar pilihan. Apa ya kira-kira? Yap, kacang bogares.

Dinamakan kacang bogares karena camilan ini berasal dari Desa Bogares, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Tahu nggak Millens, di wilayah Tegal tanaman yang banyak ditanam oleh masyarakat adalah palawija. Salah satunya kacang tanah. Karena hasil panen yang melimpah, masyarakat berkreasi dengan mengolah kacang tanah menjadi camilan yang bernilai jual.

Kacang tanah dari Desa Bogares memang memiliki kualitas yang paling bagus di Tegal, lo. Nah, nggak salah kalau kacang bogares menjadi salah satu oleh-oleh khas Kabupaten Tegal.

Baca juga:
Mengunyah "Bantalan Rel" dari Semarang
Bersantap ala Sultan Yogyakarta di Bale Raos

Proses pembuatan kacang bogares termasuk berbeda dengan camilan berbahan dasar kacang tanah lainnya nih. Dikutip laman apasih.web.id, kacang tanah yang sudah diseleksi berdasarkan kualitas terbaik kemudian dicuci dan direndam semalaman di dalam wadah berisi bumbu. Setelah itu kacang dijemur di bawah sinar matahari. Barulah kacang siap disangrai.

Proses menyangrai ini lo yang membuat beda dengan yang lain sebab kacang bogares disangrai menggunakan pasir di dalam wajan berbahan lempung. Pasir menjadi pengganti minyak goreng sebagai media meratakan panas pada kacang. Hasilnya kacang akan matang lebih sempurna. Setelah matang, kacang diayak menggunakan tampah untuk menghilangkan sisa pasir.

Sebagai nilai tambah, kacang bogares lebih sehat karena diproses tanpa minyak goreng. Sobat Millens yang sedang diet nggak usah khawatir jadi gendut setelah ngemil kacang bogares deh.

Baca juga:
Gurih Manis Legit Si Putu Tegal
Kue Jotosan Pemalang Menjotos Lidahmu

Rasa kacang bogares yang gurih cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh dan camilan kala senggang. Harganya? Cukup merogoh kocek sebesar Rp 48 ribu untuk rasa orisinal dan Rp 50 ribu untuk rasa bawang kamu sudah bisa membawa pulang kacang bogares kemasan 1 kg lo. Cukup terjangkau, kan? Eits, selain kemasan 1 kg kacang bogares juga dijual dalam kemasan 250 gram dan 500 gram kok. Jadi kamu bebas memilih seberapa banyak yang mau kamu beli.

So, kalau jalan-jalan ke Tegal jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh dan beli kacang bogares untuk keluarga di rumah ya, Millens. (MAY/SA)