Jalan-Jalan ke Banyumas? Cicipi Dulu Tiga Kuliner Ini

Jalan-Jalan ke Banyumas? Cicipi Dulu Tiga Kuliner Ini
Cimplung. (Cookpad)

Soto sangka, kepok ketan, dan cimplung, ketiga makanan tradisional tersebut harus kamu coba jika berkunjung ke Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Selain enak, rasanya pun bisa bikin kamu ketagihan. Hm, sudahkah kamu mencoba ketiganya?

Inibaru.id – Sebagai salah satu kabupaten terluas di Jawa Tengah, Kabupaten Banyumas tentu juga memiliki khazanah kuliner tradisional yang kaya. Tak hanya beraneka macam, masakan-masakan khas Banyumas juga dikenal luas masyarakat Jateng, mulai dari dawet ayu hingga soto sokaraja.

Namun, di samping pelbagai masakan sudah dikenal, beberapa makanan juga ada yang masih terdengar asing di telinga. Kendati demikian, masakan itu nggak kalah enak, lo. Apa saja?

Soto Sangka

soto sangka. (Travelingyuk)

Soto Sangka merupakan soto dengan rasa yang khas. Soto ini menggunakan sambal kacang sebagai penambah rasanya. Supaya makin kenyang, ketupat pun menjadi tambahan saat menyantap soto sangka.

Harga soto ini murah, lo. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 11 ribu saja, kamu sudah bisa menikmati makanan ini.

Kepok Ketan

Kepok ketan dengan mendoan. (Grid.id)

Kepok ketan menjadi makanan berikutnya yang patut kamu coba. Makanan ini biasanya dijual di pasar-pasar tradisional dengan harga sekitar Rp 3.000-Rp 5.000. Bagi kamu yang penggemar rasa gurih, kepok ketan tentu sebaiknya nggak kamu lewatkan.

Cimplung


Cimplung. (instagram.com/rusmiatin_sahri)

Pengin ngemil tapi bingung mau mencicipi makanan apa? Cimplung bisa menjadi makanan yang kamu coba. Menggunakan bahan dasar seperti singkong atau pisang, cimplung digemari lantaran dicampur dengan manisnya gula Jawa.

Dengan uang sebanyak Rp 5.000 saja, kamu sudah mendapatkan sebungkus cimplung, lo.

Sudah mencicipi ketiga jenis makanan tersebut? Boleh-boleh saja berwisata kuliner, tapi jangan lupa olahraga setelah menyantap makanan-makanan itu ya. Selain mengontrol isi dompet, kontrol pula isi perut supaya nggak kekenyangan. Sepakat? (IB15/E03)