Jalan-Jalan Jelang Berbuka di Pasar Gede Solo, Bisa Dapat Apa Saja?

Jalan-Jalan Jelang Berbuka di Pasar Gede Solo, Bisa Dapat Apa Saja?
Es Dawet Telasih Bu Dermi, salah satu menu kuliner yang ada di Pasar Gede Solo. (Cumilebay)

Spot kuliner di Solo tersebar di banyak tempat, salah satunya di Pasar Gede. Di tempat ini, sejumlah menu legendaris yang Solo banget bisa kamu temukan. Apa saja?

Inibaru.id – Tak hanya merupakan salah satu pusat perputaran ekonomi, Pasar Gede Harjonagoro juga menjadi salah satu tujuan wisata di Kota Solo. Pasar tradisional tertua itu memang menarik, selain karena bangunannya juga lantaran wisata kulinernya yang pantang untuk dilewatkan.

Jika kamu mudik ke Solo, berkunjung ke sini tentu sudah pasti harus diluangkan. Di sisa Ramadan ini, kamu bisa ngabuburit di sana sekaligus berburu takjil berbuka. Hm, apa saja yang bisa kamu cari?

  1. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Es Dawet Telasih Bu Dermi. (Kulinersoloraya)

Cuaca Solo yang lumayan panas bisa kamu dinginkan dengan membeli es dawet telasih di kedai Bu Dermi. Kedai yang kini dipegang generasi ketiga ini memang begitu legendaris, kendati hanya berdiri di atas sepetak ruang yang nggak seberapa.

Yap, manisnya es dawet yang terbuat dari santan, kinca gula aren, dan cendol, bertambah nikmat dengan paduan tapai ketan, jenang sumsum, dan telasih (selasih). Siapa bisa menolak kenikmatan ini?

  1. Tahok Pak Citro

Tahok Pak Citro. (Travelingyuk)

Berjualan di depan pasar sejak pagi hari, Tahok Pak Citro juga perlu kamu coba. Ehm, tapi nggak tahu deh kalau kamu datang menjelang sore bakal kebagian wedang tahu yang konon mulai langka ini.

Namun, kamu harus mencobanya, karena perpaduan tahu dari susu kedele dengan air jahenya begitu menggoda lidah. Manis, pedas, dan lembut di mulut!

  1. Lenjongan

Lenjongan. (Ksmtour)

Lenjongan adalah kuliner tradisional yang masih eksis di Solo hingga kini. Konon, jajan pasar ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Bersama grontol, lenjongan merupakan kuliner zadul yang juga perlu kamu cicipi.

  1. Cabuk Rambak

Cabuk rambak. (Satyawinnie)

Seperti tahok, cabuk rambak juga menjadi salah satu kuliner yang mulai langka di Solo. Makanan berat ini begitu sederhana, hanya terdiri atas ketupat nasi yang diiris tipis dan kerupuk karak, lalu disiram dengan saus wijen. Namun, rasanya bikin nagih!

Gimana, penasaran mencicipi menu kuliner di Pasar Gede? Sekalian menunggu beduk berbuka, nggak ada salahnya kamu berkeliling di sekitar pasar yang masuk Kelurahan Kepatihan Wetan, Kecamatan Jebres, ini. Selamat berlibur! (IB20/E03)