Intip Proses Pembuatan Manisan Labu Jipang Mr Jeje Khas Kudus yuk!

Intip Proses Pembuatan Manisan Labu Jipang Mr Jeje Khas Kudus yuk!
Manisan Labu Jipang Mr Jeje. (Inibaru.id/ Rafida Azzundhani)

Selain kaya akan serat, labu jipang juga kaya akan kandungan invitanin, karbohidrat, vitamin dan asam folat. Jika biasanya labu jipang dikonsumsi sebagai sayur atau lalapan, di tangan Rubiyanti, labu jipang dapat menjadi berbagai olahan makanan.

Inibaru.id - Rabu (18/3), saya berkesempatan untuk melihat proses produksi manisan Labu Jipang Mr Jeje di UMKM ULIQ Kudus. Kebetulan, rombongan perempuan dari Sekolah Wirausaha Aisyiyah juga datang. Saya perhatikan mereka sangat antusias mempelajari proses produksi manisan Labu Jipang Mr Jeje ini.

Endang salah satu anggota Sekolah Wirausaha Aisyiyah memperlihatkan semangatnya membuat manisan labu jipang. Dia ingin cepat-cepat mengaplikasikan ilmu pembuatan manisan labu jipang ini di rumah. Baik untuk konsumsi pribadi, maupun untuk dijual sebagai oleh-oleh khas Kudus nantinya. Harapannya, dia bisa menggerakkan masyarakat sekitar rumahnya untuk ikut serta dalam pembuatan labu jipang. 

"Kalau bisa, saya ingin memberdayakan masyarakat sekitar, tetangga-tetangga saya, biar bisa kerja sambil jaga rumah," ujar Endang. 

Di sini labu jipang akan diolah menjadi berbagai produk seperti Pempek Labu Jipang, Gethuk Labu Jipang, Manisan Labu Jipang, Kripik Daun Labu Jipang, Kripik Labu Jipang, Selai Labu Jipang, Sirup Labu Jipang bahkan Ice Cream Labu Jipang. Banyak banget kan?

Meski diolah, Rubiyanti mengklaim kandungan gizi nggak terbuang. Cara membuatnya pun mudah. Mau tahu?

Jangan lupa tiriskan labu setelah proses pelayuan ya! (Inibaru.id/ Rafida Azzundhani)
Jangan lupa tiriskan labu setelah proses pelayuan ya! (Inibaru.id/ Rafida Azzundhani)

Pertama, siram labu jipang menggunakan air bersih, kemudian kupas labu jipang tersebut sampai benar-benar bersih. Lalu, potong persegi atau sesuai selera.

Lakukan pencucian terhadap labu jipang tersebut guna menghilangkan getah. Jangan lupa, rendam dengan sedikit air garam.

Setelah labu jipang dipotong dan direndam, masukkan ke panci yang telah diisi air dengan takaran setengah dari isi panci. Lalu, masak selama 10 menit.

Masukkan gula ke dalam panci, tambahkan citric acid atau jeruk nipis. Aduk terus sampai gula larut dan air lebih kental.

Lakukan pengemasan, masukkan labu yang sudah masak bersamaan dengan sirup dan biji selasih ke dalam cup. Cup yang digunakan bukan sembarang cup ya, tapi cup khusus yang bisa digunakan dalam proses sterilisasi. 

Sterilisasi dilakukan selama 20 menit, guna dapat membunuh bakteri-bakteri jahat yang ada sehingga makanan mampu bertahan cukup lama.

O ya kamu nggak akan menyesal deh kalau membeli produk dari UMKM ini. Soalnya, Rubiyanti sangat menjaga kualitas.

Kalau kamu mau beli apa bikin sendiri, Millens? (Rafida Azzundhani/E05)