Inovasi Aneka Kue Lebaran yang Bisa Kamu Coba

Inovasi Aneka Kue Lebaran yang Bisa Kamu Coba
Kuker masker, menu inovatif yang cocok untuk hari Lebaranmu. (Dok. Ulfatul Fikriyah)

Resep membuat kue Lebaran saat ini sedang berkembang. Terutama pada masa pandemi Covid-19 di mana seseorang punya lebih banyak waktu di rumah dan punya waktu untuk bereksperimen. Salah satu produk inovasi yang lahir seperti kuker masker.

Inibaru.id – Kondisi Covid-19 dengan program “di rumah saja” membawa berkah tersendiri bagi warga Cilacap Ulfatul Fikriyah. Menurutnya, Covid-19 membuat dirinya punya banyak waktu di rumah. Kemudian Ulfa memanfaatkan waktu itu untuk sering bereksperimen di dapur.

Nggak lama kemudian, kue-kue yang Ulfa hasilkan diunggah di media sosial menggunakan brand “Dapur Kreasi” dan ternyata lumayan dapat peminat. Akhirnya dia memasarkan berbagai macam kue kering, seperti kue nastar dan aneka kreasinya. Bahkan, dia juga membuat inovasi baru yang belum banyak beredar yaitu nastar jagung, nastar ulat daun, dan kuker masker.

“Nastar jagung sebenarnya bentuk aja yang dibikin kayak jagung, isinya tetep selai nanas. Kemarin sempet iseng bikin nastar ulet daun. Itu karena situasi juga, adonan warna hijau lebih, jadi kepikiran bikin ulet warna hijau,” kata Ulfa saat dihubungi via Whatsapp, Kamis (21/5).

Nastar ulet daun yang lucu. (Dok. Ulfatul Fikriyah)
Nastar ulet daun yang lucu. (Dok. Ulfatul Fikriyah)

Kalau saya sendiri paling suka sama kuker masker, Millens. Bentuknya unyu banget dan kerasa relate sama kondisi Covid-19 seperti sekarang ini. Penampakan kuenya seperti wajah seseorang tengah memakai masker warna-warni.

Untuk resep menutu Ulfa seperti kue kering pada umumnya, seperti tepung, margarin, gula, dan susu bubuk. Sedangkan untuk kuker masker diberi icing sugar untuk toping maskernya.

Eksperimen membuat kue dialami pula oleh perempuan asal Kediri yang saat ini tinggal di Kuloprogo, Yogyakarta, bernama Lailis Sa’adah. Bahkan Lisa telah bereksperimen sejak masih kuliah, sebelum bekerja sebagai pengajar seperti sekarang ini.

Dia iseng-iseng berinovasi membikin masakan dan aneka kue. Percobaan ini nggak selalu berhasil lo, semisal Lisa pernah berulang kali bikin bolu dan hasilnya bantet. Hingga suatu jari dia berhasil membuat brownies, keterampilannya pun terus dia asah dengan membuat kue-ke kering. Seperti nastar, kastengel, putri salju, thumbprint cookies, cornflake cookies, dan chocochip cookies.

Produk kue produksi Cica Cake. (Dok. Lailis Sa'adah)<br>
Produk kue produksi Cica Cake. (Dok. Lailis Sa'adah)

Fyi, Lisa dibantu suaminya membuat brand usaha kue juga bernama Cica Cake. Produknya bermacam-macam nggak hanya cookies, tapi juga kue basah, cake, pudding, dan lain-lainnya.

“Aku pake bahannya yang menengah ke atas. Jadi kue itu nggak cuma cantik dilihat aja, tapi juga harus enak buat dimakan. Gitu sih prinsipku,” ucap Lisa.

Saat ini, Lisa tengah berinovasi dengan membuat dessert box, yaitu makanan yang isinya memiliki rasa kekinian, tapi bisa dipadukan dengan tradisi lokal. Dari sini mungkin kamu kepikiran buat bikin cookies box versi kamu juga nih di lebaran kali ini.

Yuk, siapkan bahan dan ajak keluarga untuk membantu bikin kue, he-he! (Isma Swastiningrum/E05)