7 Makanan Khas Indonesia yang Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

7 Makanan Khas Indonesia yang Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan
Ilustrasi mi rebus. (Pixabay/Chris_KIM)

Saat musim hujan tiba, makanan berkuah sangat cocok untuh disantap. Selain meredakan lapar, makanan berkuah juga bisa menghangatkanmu. Berikut rekomendasi makanan khas Indonesia yang pas dinikmati ketika hujan.

Inibaru.id – Musim hujan kerap kali membuat sejumlah orang malas bergerak alias mager. Hawa yang dingin lebih enak dilewatkan dengan bersembunyi di balik selimut tebal di kasur yang empuk. Iya, kan?

Namun, aktivitas bakal tersendat bila seperti itu. Biar kamu kembali semangat, makanan berkuah bisa jadi obatnya. Selain mengembalikan semangat, makanan itu juga bisa membuat badanmu lebih hangat.

Nah, Indonesia punya beragam makanan khas yang berkuah, Millens. Beberapa di antaranya cocok disantap saat musim hujan. Berikut tujuh makanan khas Indonesia yang cocok dinikmati saat hujan.

Bakso


Bakso. (Liputan6/Andre/B Santoso)

Siapa sih yang menolak makan bakso saat cuaca sedang dingin? Hidangan hangat ini bakal membuatmu kembali bersamangat lagi, deh. Bakso dibuat dari campuran tepung dan daging yang sudah dihaluskan, lalu dibentuk bulat dalam air mendidih. Bakso biasanya disajikan bersama mi kuning dan bihun serta ditambah kuah dan taburan daun bawang. Jangan lupa tambahkan sambalnya, ya biar semakin hangat.

Gulai

 

Gulai sapi. (Resepasia)

Gulai adalah masakan berbahan baku daging seperti ayam, kambing, sapi, atau ikan. Bumbu gulai terdiri atas kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai, bawang merah dan putih, pala, serai, kayu manis, serta jintan. Cita rasa bumbu rempah akan memanjakan lidahmu lewat kuahnya yang hangat dan gurih. Duh, nikmatnya.

Jagung Bakar


Jagung bakar. (Sajiansedap)

Jagung adalah makanan murah meriah yang rasanya manis dan mengenyangkan. Jagung biasanya diolah dengan cara direbus atau dibakar. Kalau sedang turun hujan, jagung bakar paling cocok untuk disantap. Jangan lupa tambahkan saus sambal, saus tomat, dan mayones.

Mi Rebus Plus Telur

Mi rebus telur sosis. (Saribundo)

Hidangan mi rebus memang paling juara kalau masalah lapar di kala hujan. Mi yang dimasak biasanya adalah mi instan dengan tambahan telur, irisan sosis, dan sayuran seperti sawi hijau. Mi rebus disajikan hangat-hangat dengan tambahan irisan cabai merah dan bawang merah. Hayo, siapa nih yang perutnya langsung bunyi? Ha-ha.

Soto

Soto ayam. (Cookpad)

Dari seluruh kuliner di Indonesia, soto adalah kuliner yang banyak macamnya. Bila dilihat dari bahannya, soto terdiri atas ayam, soto kerbau, atau soto sapi. Sementara itu, setiap daerah juga memiliki kekhasan dan cita rasa soto tersendiri seperti Soto Kudu, Soto Lamongan, dan Soto Betawi.

Kuah soto yang ditambah dengan irisan daging dan daun bawang itu bisa menghangatkan tubuhmu dari cuaca yang dingin. Soto biasanya dihidangkan dengan menu pelengkap seperti tempe, perkedel, dan sate-satean.

Sup Buntut

Sup buntut. (Makanmakan)

Sup buntut juga enak disantap saat hujan turun lo, Millens. Olahan berbahan dasar ekor sapi yang dicampur dengan aneka jenis sayuran ini akan membuat tubuhmu hangat kembali. Nggak usah ditanya lagi soal kelezatannya, deh. Dijamin nikmat!

Seblak

Seblak basah. (Cookpad)

Makanan yang baru-baru ini populer juga paling banyak dicari saat hujan turun. Seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk basah dengan tambahan sayuran, telur, bakso, sosis, dan mi. Sensasi pedas gurih dari bumbu rempahnya akan membuatmu kenyang dan hangat kembali.

Itulah tujuh makanan berkuah khas Indonesia yang enak disantap saat turun hujan. Makanan mana nih yang jadi favoritmu? (IB07/E04)