Buah Tangan Ini Perlu Kamu Bawa Pulang dari Bandungan

Buah Tangan Ini Perlu Kamu Bawa Pulang dari Bandungan
Torakur. (epetani.com)

Jalan-jalan ke Bandungan, Kabupaten Semarang? Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh berikut ini, ya!

Inibaru.id – Puas berwisata ke Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, nggak lengkap rasanya tanpa membawa buah tangan untuk teman, tetangga, keluarga, atau gebeten. Yeah, itung-itung membagi kepuasan dan kesenangan kepada orang lain, kan?

Selain gudangnya lokawisata alam menarik, kecamatan yang berjarak sekitar sejam perjalanan dari Kota Semarang itu juga menawarkan banyak kuliner khas yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Hm, apa saja, ya?

Tahu Serasi Bandungan

Tahu serasi. (pentirpendakiamatir.blogspot.com)

Perlu kamu tahu, Bandungan merupakan sentra pembuatan tahu. Jadi, jangan lupa beli oleh-oleh tahu putih ini. Kamu bahkan bisa datang langsung untuk melhat proses pembuatan tahu, lo. Tahu Serasi bebas pengawet, jadi cukup aman untuk dikonsumsi keponakanmu yang masih kecil.

Torakur

Torakur. (tribunnews.com)

Hm, apa ini? Torakur atau tomat rasa kurma merupakan kreasi dari Ngetiwati, warga Dusun Ampelgading. Merasa prihatin lantaran tomat yang kalau panen raya justru harganya jatuh, dia pun membuat manisan tomat.

Proses pembuatan manisan yang bentuknya menyerupai buah kurma ini dibantu oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Nggak cuma bentuknya, rasa manisan ini juga mirip kurma!

Selain enak, konon torakur juga memiliki manfaat sebagai antioksidan yang bisa mencegah penyakit, lo. Masukin daftar beli, ya!

Tempe Bandungan

Tempe bandungan. (angkisland.com)

Kendati nggak setenar tahu khas Bandungan, tempe ini berbeda dari tempe pada umumnya, lo. Merdeka.com (1/1/2017) menulis, tempe Bandungan dibungkus dengan daun yang disebut bernama andhong. Oya, tempe ini biasanya dijual dalam kondisi mentah agar pelancong bisa memperoleh tempe matang ketika sampai di rumah.

Sate Kelinci

Sate kelinci. (tribunnews.com)

Kuliner ini memang bisa ditemukan di daerah lain. Tapi, nggak ada salahnya, kan, mencicipi sate kelinci di tengah hawa dingin kawasan Bandungan? Kamu bisa menemukan penjual sate kelinci di kaki lima atau di warung makan. Biasanya, penjual sate kelinci juga menjual sate ayam.

Nah, sudah nggak bingung lagi, bukan? Jangan bilang sekarang bingung karena nggak punya uang, lo, Millens! Ha-ha. (IB08/E03)