Inilah Penganan Para Raja Majapahit

Sebagian besar penganan zaman Majapahit masih jadi makanan orang milenial. Bahkan, wajik dan dodol juga telah jadi penganan mereka saat santai.

Inilah Penganan Para Raja Majapahit
Wajik, salah satu penganan yang sudah ada sejak zaman Majapahit. (Wikipedia)

Ininbaru.id - Nama Majapahit dengan segala kebesarannya sudah sering kita dengar. Nama-nama tokoh seperti Hayam Wuruk, Gajah Mada, dan lain-lain juga sudah akrab buat kita.

Tapi pernah dengar tentang dunia kuliner pada masa itu? Nah, Rucitra Deasy dalam GNFI dengan menarik memaparkan jenis penganan para raja Majapahit. Berdasarkan penelusuran Chef Hugo yang kerap dijuluki The Singing Chef, ragam kuliner Majapahit menarik banget. Sang chef menyiginya dari prasasti-prasasti, beberapa karya sastra, kitab, dan kidung untuk mendapatkan referensi tentang penganan Kerajaan Majapahit. Intinya, makanan dari Kerajaan Majapahit nggak berbeda jauh dengan yang ada saat ini. Namun beberapa bahan makanan sudah sulit ditemukan.

Baca juga:
Sushi Seger , Sushi Rasa Grobogan
Biji Ketapang Bikin Ketagihan

Sobat Millens, raja-raja Majapahit disuguhi berbagai makanan mewah seperti daging-dagingan. Keluarga Kerajaan Majapahit memakan daging lembu, kerbau, kambing, babi, kijang, angsa, bebek, dan ayam.

Nggak hanya itu, mereka juga menyantap daging yang agak ekstrem yaitu daging anjing yang dikebiri yang disebut asu tugel, musika (sejenis tikus), dan serigala. Ikan-ikan juga tak luput jadi penganan para keluarga kerajaan. Ikan air tawar seperti gurame, gabus, wagalan, tawas, dan wader menjadi konsumsi pada saat. Begitu juga berbagai macam ikan laut, termasuk kura-kura.

Selain lauk, makanan pokok juga menjadi konsumsi keluarga kerajaan. Beras, jagung, uwi, talas, jelai, gadung, jawawut, dan berbagai umbi-umbian lainnya menjadi makanan utama menemani hidangan sampingan.

Sayur juga menjadi makanan pendamping makanan utama. Sayur terong, labu, baligo, kacang tanah, dan biji-bijian lain yang disebut atamipihan juga dikonsumsi keluarga kerajaan.

Baca juga:
Ada Tiongkok, India, dan Arab dalam Semangkuk Mi Aceh
Seblak Bandung, Pedasnya Euy...

Lalu apakah mereka ngemil? Ya, saat senggang mereka juga ngemil antara lain wajik, tape, dwadal atau dodol, lepet, kipin atau keripik, dan mandaga yaitu sejenis ombus-ombus penganan dari beras berbentuk kerucut dengan kelapa dan gula merah.

Beberapa penganan jadi warisan untuk kita seperti dodol dan wajik. Nah, kalau kamu lagi ngemil wajik atau dodol, bayangkanlah dirimu adalah bagian dari keluarga raja Majapahit, keluarga raja yang sudah mainan gawai dan medsos, hahaha…. (EBC/SA)